ADV2

Pilsang Kecamatan Passi Barat Sukses

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pemilihan Sangadi (Pilsang) yang dilaksanakan oleh 9 Desa di Kecamatan Passi Barat, Kamis (14/11/2019), berjalan sukses.

Pilsang yang dibuka secara bersamaan sejak pukul 07.00 WITA tersebut, juga berjalan lancar dan tidak terlihat ada friksi antar pendukung Calon Sangadi (Kepala Desa).

Seperti yang terjadi di Desa Muntoi Induk yang diikuti oleh 5 Calon Sangadi, masyarakat masing-masing pendukung yang sudah berada di TPS sejak pagi, nampak menyambut kedatangan kelima Calon dengan antusias tanpa menunjukkan sikap bermusuhan.

Menurut Ketua Panitia Pilsang Muntoi Induk, Abdul Haris Mokodompit, sejak tahapan pemilihan dimulai, semua proses berjalan lancar, aman dan terkendali.

“Tidak ada pergesekan baik antar Calon maupun para pendukungnya. Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik,” ujar Abdul.

Dikatakan Abdul, di Desa Muntoi Induk ada figur bakal Calon sangadi yang tidak lulus saat tes yang dilaksanakan oleh Panitia Pilsang Kabupaten yang turut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

“Bagusnya bakal calon yang gugur, tidak melakukan protes. Bahkan beliau memberikan semangat kepada kelima calon yang lain, serta membebaskan pendukungnya memilih figur tanpa mengarahkan untuk mendukung ke salah satu Calon,” tutur Abdul.

Komitmen untuk mendukung siapapun Sangadi terpilih juga diperlihatkan oleh masyarakat Desa Poyuyanan. Dimana usai penghitungan suara, tiga orang Calon Sangadi yang kalah bersama-sama mengunjungi kediaman Sangadi terpilih untuk memberikan ucapan selamat.

Syahrul Mokoagow, salah satu Calon Sangadi Poyuyanan secara sportif mengakui kekalahannya. Dan menyatakan kesiapan untuk mendukung Sangadi terpilih untuk memajukan Desa.

“Saya bersyukur, Pilsang kali ini lebih bersih dan transparan. Saya mengakui kekalahan. Untuk pendukung tetap menjaga keamanan. Karena apapun hasil dari Pilsang ini, saya percaya semua Calon Sangadi pasti punya keinginan yang sama untuk memajukan Desa Poyuyanan yang kita cintai ini. Jadi mari Kita sama-sama dukung,” ajak Syahrul.

Pelaksanaan Pilsang bersih di Desa Poyuyanan juga diakui oleh, Harsono Mokoagow, salah satu warga.

“Selama tahapan Pilsang aman sampai pelaksanaan. Tetap apapun hasilnya tidak akan mengganggu Kamtibmas. Karena juga kan 4 orang calon ini masih keluarga,” ucap Harsono.

Keseluruhan pelaksanaan Pilsang di Kecamatan Passi Barat sendiri, diakui oleh salah satu Babinsa (Bintara Pembina Desa) Sersan Dua Salman Kumawunan, berlangsung kondusif.

“Suasana kondusif, selama pelaksanaan tidak ada pertikaian antar masyarakat. Dan saya meminta kepada masyarakat situasi ini sebisa mungkin tetap dijaga,” tegas Salman.

Terpisah, di Desa Muntoi Timur, Sangadi terpilih Burhanudin Mokodompit, menyuarakan ajakan kepada masyarakat untuk kembali bersatu setelah sebelumnya terkotak-kotak karena perbedaan dukungan.

“Sudah tidak ada lagi namanya calon nomor 1, calon nomor 2. Sekarang kita kembali satu sebagai warga Muntoi Timur, dan punya kewajiban untuk bersama-sama melakukan yang terbaik bagi Desa,” ujar Burhanudin.

Pelaksanaan Pilsang di Passi Barat diketahui, ditutup oleh Desa Lobong yang menyelesaikan proses penghitungan suara sekira pukul 21.30 WITA.

Berikut Para Sangadi Terpilih Kecamatan Passi Barat :

Desa Poyuyanan

Rustam Mokodompit

Desa Wangga

Masri Mokoagow

Desa Bulud

Nurhadin Mokodongan

Desa Muntoi Timur

Burhanuddin Mokodompit

Desa Muntoi

Yuliana K Tunggali

Desa Wangga Satu

Arsyad Potabuga

Desa Lobong

Rivai Mokoginta

Desa Inuai

Imran Momintan

Desa Otam Barat

Impa Ginoga . (ADV/udi)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.