Sawah Terendam Banjir, Petani Bolmut Terancam Gagal Panen

Bagikan Artikel Ini:
Sawah milik warga di Bolmut yang terendam banjir

Sawah milik warga di Bolmut yang terendam banjir

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Musim penghujan di awal tahun 2015, rupanya berdampak negatif bagi daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Terbukti, sebagian besar wilayah Kecamatan Pinogaluman, dilanda banjir dengan ketinggian air yang menutupi areal persawahan milik warga.
Amatan beritatotabuan.com banjir yang melanda daerah ini meliputi sebagian Desa Buko,Tombulang Dalapuli dan Tontulou.

Ami Jaa, salah satu warga Desa Buko, mengatakan penyabab banjir Penyebab banjir diduga karena tidak adanya drainase di daerah itu.
“Saluran pembuangan air tidak ada. Makanya air begitu cepat naik dan masuk ke sawah milik warga ketika hujan,” ungkapnya.
Lain lagi banjir yang terjadi di Desa Dalapuli dan Tontulou Utara, salah satu warga Desa Dalapuli,Irman mengatakan setiap musim hujan, sudah di pastikan air akan masuk ke dalam rumah-rumah warga.
“Saya juga tidak mengerti ini sebabnya apa. Namun, kalau sudah begini dipastikan petani akan mengalami kerugian gagal panen,” imbuh Irman.

Dirinya pun berharap agar pemerintah bisa mengambil langkah, untuk mengantisipasi hal itu.

“Pemerintah harus menganalisa penyebab banjir ini, dan memasukkan anggaran untuk pembangunan khususnya drainase agar kejadian ini tidak terus terulang,” tambahnya. (octav singal/jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.