Jokowi-JK Tetap Lanjutkan Program Mobil Murah    

Bagikan Artikel Ini:
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Jakarta, BT – Meski sempat menolak program mobil murah yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), semasa Joko widodo (jokowi) masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, namun saat ini setelah dilantika jadi orang nomor satu di republic ini, konsep mengenai program pengadaan mobil murah itu, ternyata tetap dilanjutkan oleh Jokowi. Hal ini tercermin dari pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memastikan produksi mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) akan terus dilanjutkan.

“Ini policy yang ditetapkan oleh aturan, dan aturan pemerintah itu berkelanjutan. Kalau aturan pemerintah lama terus dipotong pemerintah baru, itu namanya bukan pemerintah,” kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (12/11/2014) kemarin.
Kalla menuturkan, produksi mobil murah harus dilihat dari berbagai sisi. Kata dia, rencana awal diproduksinya mobil murah supaya masyarakat kelas menengah bisa membeli mobil itu.

Kemudian, filosofi kedua untuk antisipasi menghadapi ekonomi ASEAN. Karena menurut JK, apabila tidak memproduksi di Indonesia maka orang-orang akan membeli dari Thailand.

“Jadi lebih baik kita merebut pasar sendiri,” ujar Kalla.

Menurut Kalla, prinsip tersebut harus selalu dipegang. Karena jika tidak, Indonesia hanya akan menjadi pasar negara lain. “Jadi bisa saja mungkin mobil murah itu lebih banyak dijual ke ASEAN daripada di Indonesia,” tuturnya. (dt)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.