Di Bali, Ini Inspirasi Yang Didapat Sangadi Untuk Pengembangan Potensi Wisata di Boltim

Bagikan Artikel Ini:
Amin Musa

Amin Musa

BERITATOTABUAN.COM, DENPASAR – Tidak hanya mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang terfokkus dalam ruangan saja. Namun, keberangkatan 80 perangkat desa se Kabupaten Bolmong Timur ke Provinsi Bali, ternyata dimanfaatkan dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata di daerah itu.

Tujuannya jelas yakni untuk menggali potensi wisata di daerah itu, agar kemudian bisa dikembangkan di Kabupaten Bolmong Timur.

Terbukti, setelah mengunjungi wisata Dana Bedugul, wisata Hutan Alas Kedaton dan wisata Tanah Lot, rombongan yang dipimpin langsung oleh Asisten I Pemkab Bolmong Timur, yang juga merupakan Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat desa (BPMD), Amin Musa SH, para pamong desa itu, mendapatkan inspirasi, kalau salah satu yang bisa dikembangkan di daerah mereka, adalah wisata danau.

Ini seperti yang dituturkan Amin Musa seraya megatakan di Boltim sendiri memiliki berapa danau seperti Danau Moat, Danau Motongkat, dan Bunong, serta Danau Buyat.

“Ini tujuan para Sangadi ajak untuk memperlihatkan tempat wisata Bali. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui tata cara pengelolaan wisata yang baik. Terutama desa yang memilik danau, sepeti Danau Moat. Kalau wisata danau ini di kelola dengan baik, pasti Boltim akan dikenal oleh para wisatawan,” ujar Musa.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan BPMPD, Salim Mokoagow. Menurut dia, kenapa Bimtek tahun ini dilaksanakan di Bali, agar mereka bisa mengetahui cara pengelolaan Bumdes. Terlebih desa yang wilayahnya memiliki objek wisata. “Mudah-mudahan apa yang telah dilihat oleh para Sangadi di tempat wisata Bali, bisa di adopsi untuk diterapkan di Boltim,” imbuh Mokoagow.(Sandy Bawoel)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.