Kotamobagu Bakal Miliki PLTS Berkekuatan 5 Mega Watt

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi PLTS

Ilustrasi PLTS

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Keluhan warga Kotamobagu terkait seringnya pemadaman listrik terjadi di daerah itu, kedepan bakal ada solusi. Ini menyusul kedatangan anggota DPR RI, Tjatur Sapto Edy ke daerah itu, Senin (28/09/2015) kemarin. Kedatangan Tjatur tersebut untuk melihat peluang dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kotamobagu.

“Kotamobagu punya prospek yang bagus untuk pembangunan PLTS ini. Terlebih Kotamobagu merupakan calon Ibukota Provinsi Bolmong Raya,” ujar Tjatur yang ketika itu didampingi oleh Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara.

Tjatur tidak memungkiri, kalau Sulut memang saat ini kekurangan pasokan listrik.

“Daerah ini memang kekurangan energi listrik,” tambahnya.

Keseriusan Tjatur untuk membangun PLTS itu ditunjukkan dengan diboyongnya sejumlah tim teknis ke daerah itu.

“Indonesia berlimpah cahaya matahari. Tapi saat ini pemanfaatannya masih kurang. Untuknya, pembangunan PLTS tentu akan sangat baik kedepan,” tuturnya.

Soal kapan pembangunan PLTS itu akan dilakukan, Tjatur mengatakan kalau dirinya berencana akan memulainya tahun depan.

“Saat ini kita akan cek lokasinya. Untuk pembangunan itu bisa sampai 1,5 tahun, dengan luas lahan sampai 7 hektar,” paparnya.

Apakah pembangunan PLTS itu akan membebankan APBD. Tjatur membantahnya. “Tidak akan membebankan APBD. Untuk besarannya kita berencana akan membangun PLTS berkekuatan 5 Mega Watt,” tutupnya.

Kepala Bagian Humas Pemkot Koamobagu, Suhartien Tegela SE membenarkan kalau kedatangan anggota DPR RI dari Fraksi PAN itu, untuk membangun PLTS di daerah ini.

“Tadi juga sudah ada pertemuan dengan beberapa instansi teknis terkait. Mudah-mudahan ini bisa jadi solusi akan adanya krisis listrik yang dialami Kotamobagu,” imbuh Tegela. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.