Ratusan Hektar Lahan Persawahan di Boltim Siap Dibuka

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Program pemerintah pusat, dalam rangka menggalakkan gerakan kemandirian pangan nasional, mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Bolmong Timur. Terbukti, dalam waktu dekat sekitar ratusan hektar sawah di daerah itu siap dimaksimalkan guna menopang program pemerintah pusat itu.

Hal ini tercermin dari pernyataan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Boltim, Ramlah Mokodompis SP, seraya mengatakan mengatakan, upaya mencetak sawah baru terus dilakukan.

“Lokasi tempat penanaman benih padi yang menghadirkan Pj Bupati ini berada di lahan persawahan seluas sekira 145 hektar. Sedangkan potensi lahan sawah di Motongkad sekira 200 hektar,” ujar Ramlah saat mendampingi penjabat Bupati Boltim ketika meluncurkan Gerakan Boltim Menanam, Selasa (01/12/2015) kemarin.

Selain itu, Ramlah juga ya menambahkan ada sekira 60 hektar lahan di Desa Matabulu dan 20 hektar di Nuangan yang siap dibuka menjadi lahan persawahan baru.

Ramlah menjelaskan, teknis pengolahan sawah dan bantuan teknologi pertanian juga terus ditingkatkan. Dengan demikian, produksi di setiap lahan pertanian bisa meningkat. Dia mencontohkan, kegiatan saat ini adalah praktek sistem penanaman jajar legowo. Tujuan dari teknik penanaman model ini adalah meningkatkan kapasitas produksi dari lahan yang tersedia. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.