DPPKAD Boltim Gelar Bimtek Dandes

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Bimtek Dana Desa

Ilustrasi Bimtek Dana Desa

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan dana desa (Dandes) dan perencanaan penganggaran pelaksanaan pertanggungjawaban keuangan dengan menggunakan Sistem Aplikasi Simda.
Kegiatan yang dibuka Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Boltim Muhammad Assagaf tersebut, dihadiri Asisten tiga Djainudin Mokoginta dan pemateri dari BPKP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Saya minta setiap desa  konsisten ikuti pelatihan dan jangan ganti-ganti  peserta ketika menerima materi agar diserap semua oleh peserta,” pinta Assagaf, Selasa (19/01/2016) kemarin.
Lanjutnya, jangan sampai kegiatan dibiayai negara hasil pajak dari rakyat disia-siakan. Apalagi Bimtek merupakan implementasi dari beberapa aturan yang menjadi dasar kegiatan ini.

“Seperti undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, peraturan pemerintah nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa, Permendes,PDT dan Transmigrasi nomor 5 tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa,” tambahnya,

Dalam penerapan aplikasi simda keuangan desa pada proses perencanaan penganggaran dan pelaporan keuangan desa mempunyai tujuan.

‎”Dalam menu simda keuangan desa telah memuat sedemikian rupa sistem yang saling terkoneksi antara imput (berupa rencana anggaran), proses (berupa pelaksanaan anggaran) dan output berupa (hasil laporan keuangan),” pungkasnya.(sandy)

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.