Walikota Ingin Database Pemerintahan Bisa Diakses Publik

Bagikan Artikel Ini:

Walikota Kotamobagu saat membuka acara Pelatihan Pembangunan Manajemen Modern pagi tadi

Walikota Kotamobagu saat membuka acara Pelatihan Pembangunan Manajemen Modern pagi tadi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kemajuan teknologi saat ini diikuti betul oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Ini tercermin dari kegiatan Pelatihan Manajemen Pembangunan Modern yang mencakup sistem informasi perencanaan pembangunan daerah (e-Planning), sistem informasi penganggaran pembangunan daerah (e-Budgeting), sistem informasi monitoring dan evaluasi pembangunan (e-Monev) dan sistem informasi database pembangunan daerah (e-Database), yang dibuka langsung oleh Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Rabu (27/01/2016) pagi tadi.
Dalam acara yang digelar di Sutan Raja Hotel itu, Tatong mengatakan, kemajuan teknologi saat ini telah menempatkan informasi sebagai salah satu sumber daya yang sangat penting dan perlu untuk dikelola secara baik dan benar. “Mengingat akan pentingnya fungsi pengelolaan data dan informasi dalam mendukung kegiatan instansi pemerintahan, maka pemerintah Kota Kotamobagu berupaya untuk menempatkan pengelolaan data dan informasi ini sebagai hal yang sangat penting. Sebagaimana ungkapan, siapa yang menguasai informasi,maka dia akan menguasai dunia,” ujar Tatong,
Dikatakan Tatong, dengan pelatihan ini diharapkan aspek transparansi tentang sistem informasi serta ketersediaan database, dapat diakses oleh semua stakeholder terutama masyarakat Kota Kotamobagu.
“Dengan adanya penerapan Manajemen Pembangunan Modern yang terintegritas, tentunya akan menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara pelaksanaan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pengawasan baik antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah maupun antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tambahnya,
Diakhir sambutan, Tatong kembali mengingatkan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan penuh tanggung jawab, agar materi yang disajikan pemateri nanti akan dapat dipahami.
Kegiatan yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel Kotamobagu ini,turut dihadiri Sekda Kotamobagu Tahlis Gallang SIP MM, Para Narasumber Kepala Pusat pengembangan Sistem Informasi Universitas Dharma Persada Andi Erwing SSos MM, Akhmad Syaifudin STP, Ahmad Thohir SKom, sejumlah Kepala SKPD serta seluruh peserta pelatihan ASN lingkup pemerintah Kota Kotamobagu.(jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.