Februari, Tender Proyek di Bolmong Ditargetkan Tuntas

Bagikan Artikel Ini:
Haris Dilapanga

Haris Dilapanga

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Proyek pembangunan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun anggaran 2016 akan segera terealisasi. Hal itu sebagaimana dikemukaKan Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan melalui Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan Haris Dilapanga, Rabu (10/02/2016) kemarin. Menurutnya, proses tender sejumlah proyek akan dilaksanakan akhir Februari.

“Target kita semua proyek sudah ditender akhir bulan ini,” katanya.

Hal tersebut dikatakan Haris dilakukan guna memaksimalkan penyerapan anggaran pada triwulan pertama tahun 2016 ini. Untuk itu dirinya meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum menginput Rencana Umum Pengadaan (RUP) di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) segera memasukkan data tersebut.

“Sebab, cepat atau lambatnya proses lelang proyek tergangtung masing-masing SKPD selaku pemilik program. Agar proses lelang bisa dilakukan lebih awal, SKPD harus segera menginput RUP di LPSE,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pada lelang proyek tahun lalu yang dilakukan LPSE, Pemkab telah telah melakukan penghematan besar-besaran dari Sisa Hasil Tender (SHT).

“Meski demikian kami memastikan kualitas pembangunan tetap baik. Lantaran, sebelum melaksanakan proyek pembangunan maupun pengadaan barang dan jasa, Pemkab dan kontraktor akan menandatangani kontrak pekerjaan. Jika prosedur pembangunan tidak dilaksanakan oleh kontraktor maka kami akan langsung memutuskan kontraknya,” katanya.

Bupati Salihi Mokodongan, mengingatkan agar proses tender dilakukan lebih awal.

“Ketika RUP dan daftar paket proyek telah ada maka kita langsung melaksanakan proses lelang,” ujarnya.

Salihi mengatakan guna mewujudkan transparansi pembangunan dan pemerintahan, seluruh proses tender proyek dilaksanakan di LPSE.

“Semua proyek pembangunan harus dilaksanakan tepat waktu, jangan ada yang terlambat,” katanya. (supandri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.