Letarikan Budaya Mongondow, Ini Yang Dilakukan Disbudpar Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Bambang Ginoga

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Sejumlah langkah berupa program dalam rangka melestarikan kebudayaan yang ada di wilayah Totabuan terus dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu melalui instansi teknisnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Hal ini tercermin dari pernyataan Kepala Disbudpar Kotamobagu Bambang Irawan Ginoga SE kepada sejumlah awak media.

“Belum lama ini kita melakukan pertemuan dengan sejumlah sanggar budaya yang ada di Kotamobagu. Untuk membahas beberapa hal,’ ujar Bambang.

Bambang menambahkan, dalam pertemuan itu salah satu topik penting  dalam pembahasan adalah persoalan keseragaman tarian yang saat ini kerap dipentaskan. “Salah satunya adalah tari kabela. Kita mendiskusikan soal bagaimana agar ada keseragaman dalam tarian itu, sehingga ada harmonisasi dalam setiap tarian khas daerah ini,” tambahnya.

Bambang juga mengatakan dalam pertemuan itu, pihaknya bersama dengan seluruh pengurus sanggar budaya telah bersepakat untuk terus meningkatkan kualitas kebudayaan yang ada di daerah tersebut. “Latihan tarian terus dilakukan sanggar budaya, agar setiap ada hajatan kelompok tarian siap tampil kapanpun dan dimanapun,” tutupnya. (mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.