2019 Kartu Pintar ‘Ideal’ Diluncurkan,DPRD Bolmut Angkat Bicara

Bagikan Artikel Ini:

 

Abdul Eba Nani dan Nazarudin Maloho

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Pemerintah Daerah (Pemda)  Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),tahun 2019 akan meluncurkan kartu pintar IDEAL,yang peruntukkan buat pelajar Tk,SD,SMP yang kurang mampu. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdul Nazarudin Maloho , Selasa (13/11/2018) ,Dinas Pendidikan dalam hal ini Pemda Bolmut akan meluncurkan kartu Pintar bagi siswa yang kurang mampu, “Untuk kartu pintar ini di peruntukan bagi peserta didik atau keluarga yang kurang mampu,dan khusus bagi pelajar SMP,SD dan Tk,” jelas Nazarudin.

Dia juga menjelaskan,kartu pintar ini dalam rangka untuk membantu keluarga yang  kurang mampu dan akan di perhitungkan biaya oprasional peserta didik, “Sekarang ini ada Bantuan Oprasional Sekolah (BOS),tapi itu tidak cukup untuk membiayai oprasional peserta didik,sehingga Pemda tahun depan (2019) akan meluncurkan kartu pintar (Ideal),” tambahnya.

Lanjut Dia, siswa yang belum dapat Kartu Indonesia Pintar (KIP),maka Siswa itu akan dibantu oleh kartu Ideal.Dan mengenai anggaran, Nazarudin mengatakan semua itu dari APBD,dan untuk  SD ada 2500 siswa,dan SMP 1500 Siswa, “Untuk di tingkat SD dan SMP dana itu dalam bentuk perlengkapan siswa, tapi tidak  dalam bentuk tunai hanya berupa barang,dan SOP akan kami buat seperti apa program dari kartu Ideal ini,” kuncinya.

Terpisah,Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Abdul Eba Nani mengatakan, pemberian bantuan itu harus tepat sasarannya dan tidak tumpang tindih, “Pendataan siswa yang kurang mampu sangat penting,berapa siswa yang berhak menerima bantuan,terutama siswa yang pantas menerima kartu ideal ini,”ucap Eba Nani.

Eba menjelaskan,Pemerintah Pusat juga punya Kartu indonesia Pintar atau KIP, jadi Jangan tumpah tindih dan harus didata dengan jelas dan tepat sasaran, ”Jangan sampai  yang dapat kartu Kip, siswa itu juga dapat kartu ideal,dan intinya DPRD Mendukung tapi harus tepat sasarannya,” tutup politisi PAN tersebut. (i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.