Pemkot Kotamobagu Gelar Seminar Kebudayaan Bolaang Mongondow

Bagikan Artikel Ini:

ADVETORIAL

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu saat memberikan sambutan dalam kegiatan Seminar Kebudayaan Bolaang Mongondow pagi tadi

BERITATOTABUAN.COM, ADVETORIAL – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Rabu (21/11/2018) pagi tadi menggelar seminar adat dan Kebudayaan Bolaang Mongondow. Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan SH tersebut digelar di aula Restaurant Lembah Bening Kelurahan Sinindian Kecamatan Kotamobagu Timur.

Wakil Walikota Kotamobagu saat memberikan sambutan dalam kegiatan Seminat Kebudayaan Bolaang Mongondow pagi tadi

Dimana, dalam sambutannya Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH mengatakan bahwa, Seni, Adat, dan Budaya daerah merupakan cermin kepribadian dari sebuah masyarakat, sehingga, seluruh masyarakat harus dapat mempertahankan, serta harus dapat melestarikan Seni, Adat, dan Budaya daerah. “Melalui kegiatan Seminar tentang Kebudayaan Bolaang Mongondow yang kita laksanakan pada hari ini, saya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Kotamobagu, agar mari kita semua terus melestarikan nilai – nilai Seni, Adat, dan Budaya Bolaang Mongondow,” ajak Nayodo.

Salah satu pemerhati sejarah kebudayaan Bolaang Mongonodow Sumitro Tegela saat memaparkan materi dalam seminar Sejaran Kebudayaan Bolmong pagi tadi

Wakil Walikota Kotamobagu juga berharap agar, pelaksanaan kegiatan Seminar tersebut, juga dapat menjadi forum bagi para generasi muda di Kota Kotamobagu, dalam menambah serta meningkatkan pengetahuan tentang Seni, Adat dan Budaya Bolaang Mongondow. “Semoga lewat kegiatan ini para generasi muda di daerah kita bisa lebih mendalami tentang adat dan kebudayaan daerah yang sama sama kita cintai ini,” tambahnya.

Sejumlah tarian yang merupakan khazanah kebudayaan Bolmong ikut meramaikan seminar Adat dan Kebudayaan Bolaang Mongondow pagi tadi

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu, Agung Adati, mengatakan dengan dilaksanakannya Seminar tersebut, juga diharapkan akan dapat menghasilkan berbagai rekomendasi penting, yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan bagi upaya pelestarian Seni, Adat dan Budaya Bolaang Mongondow. “Selain melaksanakan kegiatan Seminar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu juga akan terus melakukan Inventarisasi terhadap sejumlah kesenian dan tradisii lokal, yang mungkin selama ini sudah hampir punah, untuk kemudian dapat dipentaskan kembali ke tengah – tengah masyarakat, sebagai bagian dari Revitalisasi dan Reaktulisasi Seni, Adat dan Budaya,” terang Papa Fatur, sapaan akrabnya.

Selain dihadiri Wakil Walikota Kotamobagu, serta para pimpinan SKPD,  Akademisi, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan LSM di Kotamobagu, kegiatan yang dilaksanakan di Aula Restaurant Lembah Bening tersebut, juga menghadirkan sejumlah Budayawan yang menjadi Narasumber,  yakni, Chairun Mokoginta, Sumitro Tegela, dan Mustafa Potabuga. (advetorial)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.