Bupati Bolmong Utara Buka Musrenbang Kabupaten

Bagikan Artikel Ini:

 

Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten yang dibuka oleh Bupati Bolmong Utara

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Bertempat Di Auditorium Pohohimbunga, Bupati Boalang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, Selasa (19/03/2019).
Bupati Bolmut dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Musrenbang ini merupakan bagian penting dalam penyusunan RKPD Tahun 2020, “Selanjutnya ini tentu akan menjadi acuan dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Palfon Anggaran (PPAS) Tahun 2020,” kata Depri Pontoh.
Lebih lanjut dijelaskan, RKPD Tahun 2020 nanti akan mengambil tema ‘Memantapkan Sumber daya manusia yang berkualitas dan peningkatan pemerataan infrastruktur’. “Dengan prioritas pembangunan, diantaranya di bidang infrastruktur akan terus dilakukan pembangunan/peningkatan jalan, rehabilitasi irigasi, pembangunan drainase perkotaan dan pembangunan kantor Pemerintahan,” jelas Bupati.
Untuk bidang pendidikan kata Bupati dengan pembangunan sarana prasarana pendidikan yang memadai dan peningkatan kualifikasi guru, serta Billbidang kesehatan dengan pembangunan sarana prasarana kesehatan serta penyediaan alat kesehatan sesuai standar terutama di RSUD Bolmut ” Pada bidang sosial dan penanggulangan kemiskinan akan dilakuka. dengan pemberian Kartu Ideal untuk masyarakat yang belum tercover dalam KIS dan KIP serta pembangunan Rumah layak huni, sementara di bidang pariwisata akan dikembangkan objek wisata potensial, guna menunjang bidang investasi melalui pemberdayaan UMKM dan Bumdes serta peningkatan sistem pemasaran produk daerah,” jelasnya lagi.
Dalam bidang pelayanan publik masih kata Bupati, pemerintah daerah akan mengkonversi sistem pelayanan menjadi e-Government berbasis, aplikasi elektronik, dimana untuk bidang mitigasi bencana melalui penyediaan perangkat pendeteksi dan peringatan bencana serta rehabilitasi kawasan dampak bencana.
Bupati Bolmut mengatakan bahwa dilihat dari usulan masyarakat dalam hasil Musrenbang di 6 Kecamatan dengan asumsi belanja langsung pada pagu indikatif Tahun 2020, dapat dipastikan tidak semua usulan program dari masyarakat dapat diakomodir dalam pembiayaan APBD.  “Karena itu, diingatkan kiranya semua pihak dapat memahami situasi dan kondisi keterbatasan kemampuan anggaran daerah, sehingga melalui forum ini dapat disusun skala prioritas usulan pembiayaan pembangunan. Di sisi lain, Pemerintah Daerah selalu berupaya mencari sumber pembiayaan lain yang dapat digunakan untuk melakukan percepatan pembangunan,” tuturnya.
Di akhir sambutannya, Bupati Bolmut kembali mengampanyekan pengurangan sampah plastik. Dia mengingatkan kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Daerah disetiap acara apapun untuk tidak menggunakan kemasan plastik pada makanan dan minuman, “Karena masalah plastik saat ini sudah di tahap menghawatirkan bagi lingkungan hidup,”tutup Depri.
Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan Penandatanganan berita acara Hasil kesepakatan bersama Musrenbang RKPD Kabupaten Bolmut Tahun 2020.
Sebelumnya, Bupati Bolmut menyerahkan Piagam Penghargaan TP4D kepada Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut. Turut hadir Unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Pimpinan Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Pimpinan Organsiasi kemasyarakatan, para Camat serta Sangadi.(i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.