Desa Mariri Baru Bakal Dipasang Alat Pendeteksi Bencana dan Tsunami

Bagikan Artikel Ini:

 

Desa Mariri Baru Bakal Dipasang Alat Pendeteksi Bencana dan Tsunami

Kepala Badan Penanggulangan Bencan Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong, Haris Dilapanga ST

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Desa Mariri Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong bakal dipasang alat pendeteksi bencana dan tsunami oleh Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala BPBD Kabupaten Bolaang Mogondow Haris Dilapanga ST, “Kita tahun ini mendapatkan bantuan alat pendeteksi bencana dan tsunami dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dimana, alat tersebut nantinya akan dipasang di Kecamatan poigar, tepatnya di Desa Mariri Baru,” ucap Haris.

Haris mengatakan total anggaran untuk alat tersebut senilai 2 miliar rupiah, dimana anggarannya berasal dari pemerintah pusat khususnya dalam program BNPB. “Fungsi dari alat ini adalah mengetahui sejak dini potensi bencana berupa gempa bumi ataupun tsunami. Yang dengan alat ini kita bisa lebih waspada kedepan,” tambahnya.

Diterimanya bantuan alat tersebut dari BNPB dikatakan Haris, sebab Bolmong dari analisa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), merupakan salah satu daerah yang rawan bencana khususnya tsunami. “Makanya, alat tersebut salah satunya diperuntukkan bagi daerah kita ini,” tuturnya. (jun)

Baca Juga : BPBD Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana Air Pasang di Maelang

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.