Disparbud Boltim Latih Puluhan Warga Calon Pemandu Wisata Alam

Bagikan Artikel Ini:

 

Kepala Disparbud Boltim, Rizky Lamaluta

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pengembangan objek wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, rupanya mulai berdampak terhadap warga yang ada di sekitar daerah tersebut.

Terbukti, Rabu(19/06/2019) siang tadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, mulai melakukan perekrutan sekaligus pelatihan kepada warga untuk dijadikan pemandu wisata alam di beberapa objek wisata di daerah tersebut. “Kegiatan pelantihan pemandu wisata ini diikuti oleh sekitar 60 warga yang lokasi pemukiman mereka berada di sekitar lokasi wisata,” ujar Kepala Disparbud Boltim, Rizky Lamaluta.

Rizky menambahkan kalau pihaknya hingga saat ini terus melakukan inovasi dalam rangka menjadikan daerah tersebut sebagai salah satu tujuan destinasi wisata andalan di Sulawesi Utara (Sulut).

“Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya Pemkab Boltim harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk direkrut menjadi pemandu wisata alam trekking,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Balai Desa Tutuyan II tersebut, dibuka langsung Asisten II Pemkab Boltim, Sonny Waroka dengan menghadirkan pemateri yakni ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Heron Sumampouw dan ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (APPI) Jefri Rompis. “Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari 29 – 21 Juni, dengan diikuti 60 peserta. Kegiatan ini akan mengenalkan alam kepada regenerasi muda milenial kabupaten Boltim,” tutupnya.

Terpisah Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Industri dan Kelembagaan Pariwisata Boltim, Tierza J. Damopolii, menambahkan peserta akan mengunjungi Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan. “Selanjutnya akan melakukan trekking ke lokasi-lokasi yang berpotensi wisata yang ada di pegunungan Bukaka,” tutur Tierza.(mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.