BUMDes di Nuangan Kembangkan Pabrik Es Balok

Bagikan Artikel Ini:

 

Sejumlah nelayan saat membeli es balok untuk kebutuhan mereka

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Inovasi dalam hal pengembagan usaha dengan anggaran berasal dari Dana Desa, terus dilakukan oleh sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Lihat saja, di Desa Loyow Kecamatan Nuangan misalnya, BUMDes di desa tersebut terinformasi saat ini tengah mengembangkan pabrik es balok, “Untuk lokasi perencanaan pembuatan pabrik es balok, lahanya sudah siap bertempat di samping jembatan masuk Desa Loyow, pembuatanya tinggal menunggu waktu tepat, karena angaranya masih dikelolah BUMDes melaui simpan pinjam,” tutur Sangadi Desa Loyow Tarji Mokoagow.

Mokoagow menambahkan kalau pabrik es balok tersebut cukup menjanjikan dalam rangka pengembangan usaha. Dimana, keberadaan nelayan yang kerap membutuhkan es balok, untuk bisa mengawetkan hasil tangkapan mereka, menurut Tarji menjadi salah satu pasar tersebut.  “Selain bisa mendapatkan hasil dari BUMDes, pabrik es balok dapat membantu para nelayan dalam pengawetan ikan sebelum dipasarkan,” jelasnya.

Lanjutnya, BUMDes tidak hanya menjalankan satu program melainkan banyak program kerja untuk memaksimalkan pendapatan. “Kedepan selain simpan pinjam dan pengelolaan pabrik es balok, penataan lokasi pantai pasir putih yang berada Desa Loyow juga dilakukan. Akses jalan menuju lokasi wisata sudah kita buat, tinggal ditata,” tuturnya. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.