Di Tangan Bambang Ginoga, TPA Kotamobagu Diubah Jadi Ruang Terbuka Hijau

Bagikan Artikel Ini:

 

TPA Kotamobagu Diubah

Wajah TPA Kotamobagu yang ditata oleh DLH

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –  Kreativitas dari seorang Kepala Dinas Lingkungan Hidyup (DLH) Kotamobagu Bambang Irawan Ginoga patut diacungi jempol. Betapa tidak, lewat ‘tangan dinginnya’, lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sarat akan bau tidak sedap, serta kotoran yang berhamburan dimana-mana, mampu ‘disulap’ menjadi tempat wisata.

Ini yang terjadi di TPA yang terletak Poyowa Kecil Kotamobagu. Dimana, lokasi tersebut saat ini berubah drastis, bahkan bisa menjadi lokasi yang enak dinikmati dengan menyeruput secangkir kopi di sore hari. “Tiap tahun tentu harus ada inovasi yang dilakukan, dimana, dengan TPA model seperti ini, maka tentu akan banyak warga yang mendatangi lokasi ini,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, kalau konsep TPA tersebut diubah menjadi seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH), dimana hal tersebut tentu akan ikut mendorong kelestarian lingkungan. “Dengan konsep seperti ini, warga bisa melihat bahwa sampah pun jika dikelola dengan baik bisa menjadi hal yang positif,” tambahnya.

Menariknya, dalam dekorasi di TPA itu, sejumlah sampah plastic yang ada dijadikan ornament-ornamen indah yang ikut menghiasi TPA tersebut. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.