Rapat Evaluasi Kabupaten Sehat Digelar Bappeda Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Dengan tujuan untuk bertukar pendapat dalam upaya mencapai target tujuan sesuai indikator yang telah ditentukan untuk mewujudkan Kabupaten Sehat di Kabupaten Bolaang Mongondow, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, menggelar mengelar Rapat Evaluasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, Selasa (12/11/2019), di ruang Rapat Bappeda, Lolak.

Kepala Bappeda Pemkab Bolmong, Yarlis Hatam, melalui Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat, Susanti Hadji Ali, mengatakan dalam sambutannya bahwa Rapat Evaluasi dalam rangka untuk kembali me-review target sasaran dalam pencapaian Kabupaten Sehat bersama dengan lintas sektoral Perangkat daerah di lingkup Pemkab Bolmong.

Menurut Susanti, melalui forum Kabupaten Sehat yang melibatkan instansi terkait duduk bersama untuk bertukar pendapat guna untuk target tujuan sesuai indikator yang telah ditentukan untuk mewujudkan kabupaten sehat di kabupaten Bolaang Mongondow.

“Kabupaten Sehat bertujuan untuk terciptanya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, aman, nyaman dan sehat bagi warganya melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan fisik sosial dan budaya secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas dan perekonomian masyarakat,” kata Susanti.

Lebih lanjut, Susanti menyebutkan, Pihaknya saat ini tinggal menunggu hasil dari tim Kerja melalui forum KKS kecamatan dan Desa, Pembinaan Forum Komunikasi beberapa kecamatan, Pembinaan Pokja Desa/Kelurahan.

Dalam kegiatan yang sama, SKM Pelaksana Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan Salah tim verifikasi KKS, Jenne Mandu, menyebutkan Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.

“Yang dicapai melalui terselenggaranya paparan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah,” tutur Jenne.

Jenne pun berharap, kegiatan itu akan bisa menjadi wadah bagi masyarakat di Kecamatan Kabupaten untuk mengkoordinasikan, mengintegrasikan, menyinkronisasikan, perencanaan antara Desa satu dengan Desa lainnya di wilayah Kecamatan yang dilakukan oleh masing-masing Pokja Desa Sehat untuk mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.

“Untuk itu teteplah menjalin koordinasi, komunikasi yang baik antar sesama,” demikian Jenne.

Diketahui, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Dinas Perlindungan Anak, dan Dinas lintas sektoral lainnya di lingkup Pemkab Bolmong serta para Camat, Kepala Desa yang telah diverifikasi oleh Pemerintah Pusat, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Penyelenggaraan Kabupaten Sehat sendiri, merupakan bentuk realisasi peraturan bersama Mendagri dan Menkes RI No. 34 Tahun 2005 No. 1138/Menkes/PB/2005. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.