Surati Rumah Sakit dan Puskesmas, Kotamobagu Siaga Masuknya Virus Corona

Bagikan Artikel Ini:

 

Virus Corona

Ilustrasi Virus Corona

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kesiagaan dalam mengantisipasi masuk dan menyebarnya virus corona di Kotamobagu, terus dilakukan oleh jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) yang ada di daerah itu.

Bahkan, seluruh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan juga Rumah Sakit (RS) yang ada di daerah itu, terinformasi telah disurati oleh instansi teknis dibawag naungan Pemkot Kotamobagu itu, serta diminta siaga, terkait dengan pencegahan masuk dan menyebarnya virus tersebut di daerah Kotamobagu.

Hal ini sebagaimana tercermin dari pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu dr Tanty Korompot melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Lindawati Hasan S.Farm kepada awak media. “Kami telah meminta ke seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas untuk meningkatkan betul kewaspadaan terkait masuknya virus ini di Kotamobagu,” ucap Lindawati.

Dirinya menambahkan, pihak Rumah Sakit, terlebih Puskesmas juga, diminta untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat, tekait dengan gejala dan penyebab serta pencegahan virus corona tersebut. “Puskesmas juga harus turun ke masyarakat untuk sosialiasi, agar warga bisa mengetahui betul bagaimana gejala, penyebab serta langkah apa saja untuk mencegah virus itu,” tambahnya.

Tidak lupa, Linda juga memberikan sedikit penjelasan terait dengan gejala, dan langkah pencegahan agar virus yang berasal dari negeri tirai bambu (china.red) tersebut, tidak sampai masuk di Kotamobagu. “Gejalanya adalah demam, pilek, batuk yang mengakibatkan gangguan pernafasan, disertai dengan sakit tenggorokan dan juga keletihan. Kalau gejala ini dirasakan sebaiknya warga segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. Untuk pencegahannya bisa dilaukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, makan makanan yang bergzi seimbang, waspada kontak langsung dengan hewan, jangan mengkonsumsi daging hewaan yang belum matang, serta memakai masker,” jelasnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.