Dinas Perikanan Bolmong Siapkan Bantuan Benih dan Alat Tangkap Ikan

Bagikan Artikel Ini:
Dinas Perikanan Bolmong Siapkan Bantuan Benih dan Alat Tangkap Ikan

Nelayan Sedang Menangkap Ikan di Pesisir Pantai Bungin (foto : Udi Masloman)

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Dalam upaya penguatan ketersediaan pangan mandiri dalam bentuk ikan untuk mengantisipasi dampak jangka panjang pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyiapkan bantuan benih ikan, pakan ikan dan alat tangkap ikan di laut untuk disalurkan ke masyarakat pembudidaya ikan dan nelayan di wilayah tersebut.

Diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Pemkab Bolmong, Wahyudin Gonibala melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Supriadi Agantu, Selasa (05/05/2020), saat ini pihaknya sudah memasuki tahap finishing sebelum menyalurkan bantuan itu.

“Sudah masuk tahap pembenahan data penerima, serta regulasinya kami siapkan agar tidak akan tumpang tindih dengan program-program lain,” ujar Supriadi.

Dijelaskan Supriadi, untuk pembenahan data calon penerima bantuan itu, pihaknya mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial Pemkab Bolmong.

“Penggunaan DTKS dapat menyortir masyarakat yang diutamakan mendapat bantuan sosial dan yang tidak. Agar bantuan ini dapat diterima dengan tepat sasaran,” ucap Supriadi.

Nantinya dari DTKS tersebut, Supriadi melanjutkan, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Pemerintah Desa calon sentuhan penyaluran bantuan.

“Akan dikoordinasikan juga dengan Pemerintah Desa-desa calon sentuhan program ini di 5 Kecamatan pesisir untuk sarana tangkap. Serta bibit ikan dan pakan di perairan darat atau bagi pembudidaya ikan,” demikian Supriadi.

Diketahui, Dinas Perikanan Pemkab Bolmong mendapatkan alokasi Rp. 500 juta untuk pengadaan benih dan alat tangkap ikan di laut dari refocussing dan realokasi APBD Bolmong Tahun Anggaran 2020, untuk penanganan COVID-19.

Bantuan benih dan pakan ikan itu sendiri akan disalurkan kepada kelompok pembudidaya calon penerima yang tersebar di seluruh wilayah Bolmong. Sementara, Desa-desa di 5 Kecamatan pesisir, yakni Kecamatan Sangtombolang, Lolak, Bolaang, Bolaang Timur dan Poigar, menjadi calon penerima bantuan alat tangkap ikan. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.