Kukut Biru, Potensi Wisata Tersembunyi di Desa Komangaan

Bagikan Artikel Ini:
Kukut Biru, Potensi Wisata Tersembunyi di Desa Komangaan

Kukut Biru, Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Kabupaten Bolaang Mongondow memang dikenal sebagai daerah dengan keindahan alam yang luar biasa dan berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan. Salah satunya Kukut biru yang berada di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang.

Sungai dengan airnya yang dingin dan berwarna unik biru kehijauan itu, telah lama digunakan masyarakat setempat sebagai tempat bersantai atau digunakan sebagai pemandian.

Uniknya lagi, sekitar 10 meter dari Kukut Biru itu terdapat aliran air belerang yang hangat. Berendam air belerang dapat membuka pori-pori yang pada akhirnya menyerap mineral bermanfaat dan mengolahnya menjadi nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Selain itu, merendamkan kaki di air belerang juga memiliki manfaat untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan flu.

Tak jauh dari kedua aliran air tersebut juga terdapat bukit yang memiliki goa alam, yang menarik rasa penasaran bagi para wisatawan lokal untuk menjelahinya.

Menurut Sangadi (Kepala Desa) Komangaan, Sabir Paputungan, Kamis (25/06/2020), lokasi Kukut Biru termasuk goa alam itu, telah masuk dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa untuk dikelola menjadi destinasi wisata alam unggulan desa tersebut.

“Sudah masuk dalam usulan Musrenbang Desa. Seharusnya sudah mulai running di Tahun 2020 ini. Tetapi karena ada pandemi COVID-19, jadinya masih tertunda,” ucap Sabir.

Meski demikian, dijelaskan Sabir, pihaknya masih tetap memprioritaskan pengelolaan Kukut Biru sebagai destinasi wisata.

“Hanya tertunda, tetapi tetap akan jadi salah satu prioritas usai pandemi COVID-19. Insya Allah tahun depan pengelolaannya sudah mulai berjalan,” demikian Sabir. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.