Penyaluran Bantuan Benih dan Pakan Ikan Menunggu DPA

Bagikan Artikel Ini:

Penyaluran Bantuan Benih dan Pakan Ikan Menunggu DPA
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Penyaluran bantuan benih dan pakan ikan sebagai bagian dari penguatan pangan mandiri menghadapi dampak COVID-19 di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), masih menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, Wahyudin Gonibala melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Pembudidayaan Ikan, Moh. Sabran Mokodompit, Rabu (10/06/2020), di ruang kerjanya, Lolak.

“Tergantung DPA. Kalau DPA belum dipegang kami belum berani melaksanakan pengadaan. Jangan sampai ada pergeseran anggaran lagi,” ujar Sabran.

Dijelaskan Sabran, karena pengadaan bantuan benih dan pakan ikan itu, berdasarkan konsultasi dengan ULP tidak menggunakan sistem penunjukan langsung.

“Karena ada edaran dari BPKP, tidak semua percepatan penanganan COVID-19 itu dilakukan secara penunjukan. Kalau ada pengadaan yang sifatnya tidak mendesak, itu dilakukan lelang secara normal,” ucap Sabran.

Sabran melanjutkan, bantuan benih dan pakan ikan itu nantinya akan disalurkan ke delapan kelompok yang tersebar di beberapa Kecamatan di wilayah Bolmong.

“Kalau DPA sudah dipegang, kami akan langsung melaksanakan penyaluran bantuan benih dan pakan ikan ini,” demikian Sabran.

Diketahui, sebelumnya Dinas Perikanan Pemkab Bolmong juga menganggarkan bantuan alat tangkap ikan di laut dari re-focussing dan re-alocation APBD untuk percepatan penanganan COVID-19. Tetapi setelah dilakukan kajian ulang, anggaran tersebut dialihkan seluruhnya untuk pengadaan bantuan benih dan pakan ikan perikanan darat. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.