IKM Nirwana Berhasil Kembangkan Pohon Bidara Menjadi Sabun Kecantikan

Bagikan Artikel Ini:

 

Pohon Bidara

Sabun Bidara produksi IKM Nirwana

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Inovasi dari para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Kota Kotamobagu rupanya terus berkembang, meski di tengah pendemi covid-19 saat ini. Lihat saja, IKM Nirwana misalnya, indutri kecil menengah yang merupakan hasil olahan usaha keluarga ini, berhasil mengembangkan sejumlah produk dari pohon bidara.

“Dari pohon bidara ini, kita kembangkan menjadi sabun yang khasiatnya cukup banyak, salah satunya untuk kecantikan. Lebih dari itu, diketahui juga kalau pohon bidara ini tentu memiliki banyak manfaat,” ungkap Sulastri Dali, salah satu pemilik IKM Nirwana.

Selain sabun kecantikan, Sulastri juga menambahkan kalau pihaknya juga mengembangkan produk minyak urut dari pohon bidara tersebut. “Untuk minyak urut sendiri, ada untuk dipakai pagi atau siang, serta malam. Yang jelas minyak urut ini akan meringankan beberapa gejala seperti akibat gigitan serangga, maupun meringankan pegal-pegal pada tubuh,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, IKM itu sendiri telah lama dirintis oleh mereka. Namun, untuk produk dari pohon bidara sendiri, belum lama ini dikembangkan. “Untuk pemasarannya kita lakukan di lokasi IKM di Kelurahan Mongkonai,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.