Warga Diminta Lakukan PSN 3M Plus di Musim Penghujan

Bagikan Artikel Ini:

Warga Diminta Lakukan PSN 3M Plus di Musim Penghujan
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Memasuki musim penghujan warga Kabupaten Bolaang Mongondow diminta untuk kembali lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M plus, untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Cikungunya.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Yusuf Detu mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab Bolmong), dr Erman Paputungan, Kamis (02/07/2020), di Lolak.

“Puskesmas-puskesmas juga sudah diinstruksikan untuk memberikan imbauan di wilayah masing-masing, untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus penyebab DBD dan Cikungunya,” ujar Yusuf.

Selain kedua penyakit yang disebabkan oleh nyamuk tersebut, dikatakan Yusuf, masyarakat juga perlu waspada dengan penyakit lain yang risikonya meningkat di musim penghujan seperti diare, Leptospirosis yang disebabkan oleh infeksi bakteri Leptospira, tifus yang disebabkan bakteri Salmonella typhi, dan
influenza.

“Sejauh ini kami bersyukur karena masyarakat sudah lebih paham pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan sejak pandemi COVID-19. Tetapi kami tetap berharap, kesadaran dan kewaspadaan tetap harus ditingkatkan terlebih sudah memasuki musim penghujan seperti sekarang ini,” harap Yusuf.

Diketahui, Program PSN, yakni Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; Menggunakan kelambu saat tidur; Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat nyamuk bersembunyi. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.