Letakkan Batu Pertama P3-TGAI di Poyowa Besar I, Ini Harapan Wawali Nayodo

Bagikan Artikel Ini:

 

Harapan Wawali Nayodo

Foto bersama usai peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi di Poyow Besar I

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pembangunan saluran irigasi di Desa Poyowa Besar I, Kamis (17/09/2020) pagi radi mulai digulir ditandai dengan diletakkannya batu pertama oleh Wakil Wali Kota Kotamobgu Nayodo Koerniawan SH, didampingi oleh Sangadi, dan perangkat desa.
Diimana, pembangunan saluran irigasi tersebut merupakan bagian dari program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air irigasi (P3-TGAI), yang menjadi kewenangan dari Dirjen Sumber Daya Air, terlebih khusus Balai Sungai, yang merupakan mitra kerja dari anggota Komisi V DPR RI, yakni Hi Herson Mayulu SIP.
“Selaku pemerintah daerah, kami berharap agar proyek ini bisa memberikan manfaat bagi para petani, serta dapat ikut memulihkan ekonomi masyarakat di sector pertanian, terlebih di tengah pendemi covid-19 saat ini,” ucap Nayodo dalam sambutannya, usai peletakkan batu pertama tersebut.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa (Sangadi.red) Poyowa Besar I, Yandi Mokoagow mengungkapkan kalau pembangunan saluran irigasi di wilayahnya itu, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020, dengan alokasi dana Rp195 juta, yang mana irigasi itu sendiri akan dibangun sepanjang 250 meter. “Atas nama pemerintah dan masyarakat desa Poyowa Besar I, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, pemerintah Kota Kotamobagu, juga anggota Komisi V Bapak Hi Herson Mayulu SIP. Semoga dengan adanya saluran irigasi ini akan lebih meningkatkan kualitas serta kwantitas sector pertanian di daerah kita kedepan,” imbuh ungkap Yandi.
Yandi menambahkan, pihaknya berharap program yang ikut diperjuangkan oleh Anggota Komisi V DPR RI Hi Herson Mayulu itu, bisa terus meluas dan dampaknya dpat dirasakan oleh masyarakat. “Kami juga berharap kedepan proyek seperti ini bisa berkelanjutan masuk di desa kami, mwnginfat areal perswahan kami yang begitu luas di desa ini,” tambahnya.
Diketahui, proses pembangunan saluran Irigasi itu, akandikerjakan dengan cara padat karya, dimana salah satu pelaksananya adalah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Taru Nawar Tani Desa Poyowa Besar I. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.