Sederat Prestasi Diukir Selang 2 Tahun Kepemimpinan Tatong Bara – Nayodo Koerniawan

Bagikan Artikel Ini:
2 Tahun Kepemimpinan

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kepemimpinan Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH, Jumat (25/09/2020) hari ini memasuki usia yang kedua tahun usai dilantik oleh Gubernut Sulut, pada 25 September 2018 lalu.

2 Tahun Kepemimpinan

Wali Kota saat menerima penghargaan dari Kementerian PAN RB

Dalam syukuran lewat virtual yang digelar oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, pagi tadi, Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengucap syuku kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas penyertaan selama memimpin daerah tersebut. “Selang dua tahun terakhir ini, kita bersyukur atas pencapaian sejumlah aspek pembangunan di daerah kita ini. Dimana, aspek tersebut memperlihatkan sebuah capaian yang cukup bik, degan terus menurunnya angka kemiskinan dan penanggguran, laju pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, disertai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), juga sejumlah pembangunan sarana infrastruktur yang terus dilakukan Pemkot Kotamobagu, yang dengan itu diharapkan akan ikut mendorong sector ekonomi masyarakat,” ungkap Tatong.

2 Tahun Kepemimpinan

Wakil Wali Kota Kotamobagu saat menerima penghargaan dari Ditjen Perbendaharaan dan Keuangan Negara atas capaian WTP

Tatong mengatakan kalau pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan seluruh elemen masyarakat, atas jalannya roda kepemimpinan Tatong Bara – Nayodo Koerniawan (TBNK) selama dua tahun belakangan. “Capaian keberhasilan tersebut, tidak lepas dari sinergitas antar lembaga yang terbangun selama ini, baik itu bersama dengan DPRD Kotamobagu, Forkpimda, BUMN dan BUMD, pimpinan Partai Politik, juga instnsi vertical yang ada di Kotamobagu,” tambahnya.

Selain itu, Tatong pun menambahkan kalau perttumbuhan ekonomi Kotamobagu sendiri, bisa dilihat dengan terus berkembangnya, usaha di daerah, baik itu di level perbankan, hingga perhotelan, ketersediaan air bersih, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan, SPBU, serta ketersediaan energy listrik yang memadai bagi daerah.

2 Tahun Kepemimpinan

Wali Kota Kotamobagu saat menerima piala Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di tahun 2019

Terlepas dari itu semua, dalam dua tahun kepemimpinan Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan (TBNK) sendiri, sebagai Wali Kota Kotamobagu dan Wakil Wali Kota, tercatat ada sekira puluhan penghargaan yang telah dipersembahkan bagi daerah tersebut.

Berikut Capaian Prestasi TBNK Sejak Tahun 2018 Silam

  1. Penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2018.
  2. Penghargaan Sekolah Ramah Anak , sebagai terbaik nasional, untuk kategori Madrasah Aliyah, yang diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri satu Kotamobagu, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Prof. DR. Yohana Yembise, kepada Walikota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara.
  3. Wali Kota mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, sebagai Kepala Daerah yang mendukung kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas melalui surat edaran.
  4. Penghargaan like terbanyak video outdoor classroom day tingkat nasional tahun 2018.
  5. Penghargaan Satyalencana Pembangunan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Pusat Tahun 2018. Ini adalah penghargaan terhadap kepala deaerah, atas kepeduliannya terhadap masalah kependudukan.
  6. Pemkot Kotamobagu Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Utara, sebagai daerah Peringkat ke – 3, se – Sulawesi Utara. Penghargaan diberikan, berdasarkan sejumlah indikator penilaian, yakni diantaranya adalah terbentuknya PPID, pelayanan informasi publik, tersedianya daftar informasi publik, serta tersedianya Website resmi milik badan publik.
  7. Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, Penghargaan diberikan atas berbagai kriteria penilaian, yakni terpenuhinya Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaaan, Hak atas Perumahan yang Layak, serta Hak atas Lingkungan yang berkelanjutan
  8. Penghargaan dari BPJS kepada Pemkot Kotamobagu yang telah mampu menjamin rakyatnya sehat dan sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS
  9. Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan atas peran aktif dan kepedulian terhadap perlindungan pegawai pemerintah bukan aparatur sipil negara dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan
  10. Diraihnya Penghargaan Adipura. Penghargaan ini diberikan kepada daerah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.
  11. Kembali memperoleh Penghargaan kota layak anak yang diterima langsung oleh Wali Kota Ir Hj Tatong Tatong Bara. Penghargaan diberikan kepada Kota Kotamobagu  karena dinilai mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.
  12. Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda. Ini adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan Program KKS. Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya.
  13. Penghargaan dari KemenpanRB atas hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah tahun 2018.
  14. Penghargaan sebagai peringkat kedua sanitasi terbaik se Sulawesi Utara.
  15. Penghargaan dari kementerian keuangan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.
  16. Piagam penghargaan dari kantor wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan provinsi Sulawesi Utara sebagai peringkat ketiga atas pengelolaan Dana Alokasi Khusus fisik tahun 2019
  17. Pengharagaan dari BKN regional SulutGo-Malut sebagai kota pengelolaan pembangunan manajemen talenta ASN pemerintah kabupaten/kota terbaik
  18. Penghargaan kepada Puskesmas Gogagoman yang menjadi satu-satunya Puskesmas yang mendapatkan akreditas paripurna se Sulut
  19. Penghargaan dari kemendagri karena mampu melakukan integrasi eplanning dengan SIPD.
  20. Penghargaan sebagai daerah dengan laporan program kesehatan terbaik kabupaten/kota tingkat provinsi Sulut.
  21. Penghargaan kepada Puskesmas Motoboi Kecil sebagai Puskesmas berprestasi se Sulawesi Utara
  22. Penghargaan kepada Dinas Kesehatan sebagai surveylans terbaik se Sulawesi utara.
  23. Penghargaan puskesmas pembantu Kelurahan Mongkonai sebagai pustu terbaik se Sulut
  24. Penghargaan terhadap SMA Negeri 3 Kotamobagu yang telah meraih peringkat satu sekolah sehat.
  25. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2019.
  26. Kembali Kotamobagu meraih penghargaan WTP Yang ke-7 Kalinya Dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun 2019.
  27. Penghargaan Anugerah Sensanitasional Award Tahun 2020 Kategori Kota Terbaik peringkat pertama tingkat Sulawesi Utara. Tahun sebelumnya Kota Kotamobagu berada pada peringkat kedua.
  28. Menjadi Kota terbaik pertama Perencanaan Pembangunan daerah tingkat Sulawesi utara Tahun 2020. Kotamobagu dinilai memenuhi indikator keterkaitan perencanaan dengan dokumen RPJMD, Prioritas Nasional, Prioritas Provinsi, Konsistensi perencanaan dan hasil evaluasi dan permasalahannya, serta penerapan inovasi daerah. Tahun 2018 Kotamobagu masuk sebagai nominator Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Nasional.
  29. Atas Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kota Kotamobagu diganjar Penghargaan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Award Tahun 2019. Pemkot Kotamobagu meraih predikat B dengan nilai 66,16 dan berada di peringkat 2 se-Provinsi Sulawesi Utara dibawah Kota Manado yang meraih predikat B.
  30. Opini WTP Atas Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Kota Kotamobagu secara terus menerus, oleh Kementrian Keuangan RI diapresiasi penghargaan WTP minimal  lima kali berturut turut kepada Pemerintah Kota Kotamobagu, bersama 47 kota lainya.

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.