Masyarakat Ibolian dan Matayangan Akan Diberi Pelatihan Ecoprint

Bagikan Artikel Ini:
Masyarakat Ibolian dan Matayangan Akan Diberi Pelatihan Ecoprint

ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Masyarakat desa Ibolian dan desa Matayangan Kecamatan Dumoga Dumoga Barat, akan diberi pelatihan ecoprint oleh pihak Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).

Menurut Kepala Balai TNBNW, Supriyanto, Rabu (24/03/2021), pelatihan itu dilakukan setelah adanya permintaan dari desa terkait untuk dilakukan pelatihan.

“Kita melakukan sosialisasi lebih dulu, nanti ketika masyarakat ajukan permintaan baru kita beri pelatihan,” ujar Supriyanto.

Dijelaskan Supriyanto, ecoprint merupakan tekhnik memberi pola pada bahan atau kain dengan menggunakan bahan alami seperti daun.

“Seperti membatik tapi bukan batik tulis, melainkan kita memberi warna kain dengan menggunakan daun yang ada di sekitar kita,” terang Supriyanto.

Diungkapkan Supriyanto, pihaknya telah membentuk Perempuan Inspiratif Mitra Polhut (PIMP) yang kemudian melakukan sosialisasi terkait ecoprint pada tahun lalu.

“Berdasarkan hasil sosialisasi yang dilakukan PIMP di beberapa calon desa mitra TNBNW, ibu-ibu ternyata sangat antusias mengikuti pelatihan ecoprint,” ucap Supriyanto.

Supriyanto pun berharap, ecoprint yang merupakan keterampilan dapat diaplikasikan di berbagai media, di antaranya seperti kain, taplak, dan masker, bisa menjadi pekerjaan alternatif bagi masyarakat.

“Harapan saya, dengan adanya keterampilan masyarakat di bidang ecoprint dapat menghasilkan secara finansial,” demikian Supriyanto. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.