Tekuni Pembuatan Oven, Omzet Warga Gogagoman Ini Sentuh Jutaan Rupiah

Bagikan Artikel Ini:

 

Tekuni Pembuatan Oven

Pembuatan Oven oleh Tahir warga Gogagoman

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Bisnis pembuatan oven di Kotamobagu bisa dikatakan masih jarang. Hal tersebut rupanya menjadi peluang bagi Tahir (49), salah seorang warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, untuk kemudian membuat sendiri oven dari seng plat, guna dijual kembali ke masyarakat.

Kepada awak media, Tahir mengatakan kalau pembuatan oven tersebut sudah sering dilihatnya, saat dirinya masih tinggal di Kota Manado. “Saat itu saya sudah banyak melihat cara membuat oven dari seng plat. Sekaligus belajar perlahan demi perlahan. Begitu saja hijrah ke Kotamobagu, saya lantas mulai merintis bisnis pembuatan oven ini,” ungkap Tahir.

Tahir menambahkan, kalau untuk membuat oven tersebut, dirinya hanya memanfaatkan pekarangan rumah miliknya. Dimana, oven hasil buatan Tahir sendiri, bisa dijamin tidak kalah dengan oven pabrikan yang kebanyakan dijual di toko-toko. “Alat yang saya gunakan masih bisa dikatakan sederhana untuk membuat oven ini. Tetapi, untuk kualitasnya bisa diadu. Saya juga berharap hasil buatan oven ini bisa dijual di toko-toko terlebih yang ada di Kotamobagu,” tambahnya.

Untuk harga oven buatan Tahir sendiri, bisa dikatakan cukup terjangkau. Pasalnya, hanya dengan menyiapkan uang sekira Rp200-250 ribu, maka warga Kotamobagu sudah bisa mendapatkan oven biasa. Sementara, untuk harga oven gas sendiri, Tahir memasang harga Rp 2,5 juta dengan ukuran 60 centimeter dan rp4 juta untuk oven dengan ukuran 1 meter. “Itu harga eceran dan masih bisa dinegosiasi, akan lebih murah tentu jika diambil dengan harga grosir lusinan,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.