Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Pergeseran dan Penatausahaan Anggaran

Bagikan Artikel Ini:

Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Pergeseran dan Penatausahaan Anggaran
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pemkab Bolmong melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pergeseran dan Penatausahaan Anggaran Pemkab Bolmong tahun anggaran 2021 melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Senin (12/4), di Hotel Mercure, Manado.

Kepala BKD Bolmong Rio Lombone dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut, di antaranya adalah membahas teknis pergeseran anggaran melalui SIPD. Selain itu, juga untuk mempercepat tersedianya laporan pertanggungjawaban pejabat fungsional.

Bimtek tersebut digelar selama 3 hari dan dihadiri perwakilan dari setiap SKPD.

“Peserta sebanyak 126 orang terdiri dari Pejabat Penatausahaan Keuangan, Kasubag Program dan Bendahara Pengeluaran tiap SKPD,” ujar Rio.

Sementara, Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengatakan, kegiatan yang berkaitan langsung dengan SIPD sudah 2 kali digelar sejauh ini.

“Pertama pada beberapa waktu lalu, itu adalah proses awal mengenal apa SIPD itu,” ungkap Tahlis.

Meski dalam keseharian SIPD telah digunakan, akan tetapi ada hal-hal yang bersifat prinsip yang harus dipahami dan diperjelas.

“Karena, kalau tidak diperjelas dan tidak dipahami maka pasti aplikasi sebaik apapun karena masih dioperasikan oleh manusia, dan kalau kita salah mengoperasikan pasti akan timbul permasalahan dalam proses penginputan maupun transaksi keuangan di SKPD masing-masing,” ucap Tahlis.

Bimtek tersebut mengenai 2 hal, yakni terkait dengan pergeseran dan transaksi.

“Mudah-mudahan dengan 2 hal yang kita bahas hari ini, akan memberikan pemahaman yang berarti bagi kemampuan kita dalam proses pengelolaan keuangan melalui SIPD,” imbuh Tahlis.

Tahlis pun berharap para peserta dapat mengikuti Bimtek dengan baik.

“Saya harapkan ini dapat diikuti dengan baik dan benar,” demikian Tahlis. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.