Tingkatkan Kemampuan Teknologi Informasi, Diskominfo Bolmong Gelar Workshop

Bagikan Artikel Ini:

Tingkatkan Kemampuan Teknologi Informasi, Diskominfo Bolmong Gelar Workshop
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolmong gelar workshop, Rabu (07/04/2021), di ruang rapat gedung Diskominfo, Lolak.

Workshop bertajuk ‘Sharing Knowledge Install dan Konfigurasi Domain Name Server (DNS)’ menggunakan Linux tersebut, bekerjasama dengan PT. Jala Lintas Media (JLM).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmong dalam teknologi informasi,” ujar Sekretaris Diskominfo Bolmong, Jenli Mongilong.

Sementara, pemateri dari PT. JLM, Kahfi Alfarisi Firdaus menjelaskan, Domain Name Server atau DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address).

“DNS adalah sistem yang meringkas pekerjaan. Anda tinggal mengingat nama domain dan memasukkannya dalam address bar. DNS kemudian akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address yang komputer pahami,” ungkap Kahfi.

Kahfi melanjutkan, ada tiga fungsi DNS yang dirinya paparkan pada materi sharing Knowledge yang dilaksanakan di Diskominfo Bolmong.

“Diantaranya meminta informasi IP Address sebuah website berdasarkan nama domain, meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP Address yang dimasukkan dan mencari server yang tepat untuk mengirimkan email,” demikian Kahfi. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.