Pemkab Bolmong Ikuti Launching Program LDN

Bagikan Artikel Ini:
Pemkab Bolmong Ikuti Launching Program LDN

Pemkab Bolmong Ikuti Launching Program LDN

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pemkab Bolmong mengikuti launching program Literasi Digital Nasional (LDN), Kamis (20/05/2021), seusai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-113. Presiden RI, Joko Widodo memimpin langsung launching Program LDN yang merupakan inisiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI tersebut.

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekda Bolmong, Tahlis Gallang, para Asisten dan Plt Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Jenli Mongilong, mengikuti jalannya kegiatan yang juga diikuti Pemprov dan Pemkab/Pemkot se-Indonesia itu secara virtual di lobi kantor Bupati, Lolak.

Pemkab Bolmong Ikuti Launching Program LDN

Dalam sambutannya, Presiden RI mengatakan, kejahatan di ruang digital terus meningkat, mulai dari berita bohong atau Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan, ujaran kebencian serta radikalisme berbasis digital perlu untuk terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. “Kewajiban kita yakni bersama untuk terus meminimalisir konten-konten negatif dan membanjiri ruang digital dengan konten positif, kita perlu tingkatkan kecakapan digital masyarakat, agar mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik dan yang menyerukan perdamaian,” ucap Presiden.

Pemkab Bolmong Ikuti Launching Program LDN

Selain itu Presiden berharap, keberadaan internet harus bisa meningkatkan produktivitas masyarakat dengan membuat UMKM naik kelas. “Perbanyak UMKM on boarding ke platform e-commerce, sehingga internet bisa memberi nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Presiden.

Presiden pun memberikan apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program LDN itu. “Saya harap gerakan ini menggelinding dan bisa mendorong inisiatif di tempat lain, melakukan kerja kongkrit di tengah masyarakat, agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” harap Presiden.

Pemkab Bolmong Ikuti Launching Program LDN

Terpisah, usai mengikuti launching program LDN, Plt Kadis Kominfo Bolmong Jenli Mongilong mengungkapkan, di momentum peringatan Harkitnas ke-113, Dinas Kominfo akan membangun dan mengembangkan 13 aplikasi baik untuk kebutuhan administrasi pemerintahan maupun untuk layanan publik kepada masyarakat. “Aplikasi tersebut diantaranya, pembuatan perpustakaan online dan sistem arsip digital, membangun aplikasi Pariwisata dan potensi-potensi daerah yang terintegrasi berbasis Geographic Informating System (GIS),” kata Jenli.

Sistem Informasi dan layanan publik pun, lanjut Jenli, akan sampai di wilayah Desa dan Kecamatan dengan Memanfaatkan Infrastruktur TIK. “Di dalamnya, layanan Pencatatan Sipil serta pengurusan perizinan serta pengembangan aplikasi transaksi keuangan secara cashless dengan memanfaatkan Merchant serta lembaga keuangan lainnya seperti agen perbankan yang ada di Desa,” tutur Jenli.

Sementara, dijelaskan Jenli, untuk menindaklanjuti amanat Presiden dalam peluncuran Literasi Digital Nasional, maka BPSDM Kemenkominfo bersama Diskominfo Bolmong akan melaksanakan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy. “Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 9 Juni 2021 nanti, bertempat di Hotel Sutanraja. Di situ kami akan melatih 50 pelaku usaha kecil dari seluruh wilayah Bolmong untuk bisa memasarkan produknya secara online dalam platform e-commerce. selain itu, terkait dengan program Nasional Digital Talent, saat ini staff Diskominfo Bolmong sudah mengikutsertakan 9 orang dengan spesifikasi keahlian network engineering, cyber security, Decoding serta Smartcity dan lain-lain,” demikian Jenli. (ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.