Cegah Kepunahan, Kesenian Tradisional Bolmong Jadi Fokus Pemkab

Bagikan Artikel Ini:

Cegah Kepunahan, Kesenian Tradisional Bolmong Jadi Fokus Pemkab
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Dikhawatirkan makin tergerus arus zaman, Kesenian tradisional Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi salah satu fokus Pemkab Bolmong.

Bagian dari upaya mencegah kepunahan kesenian tradisional Bolmong tersebut, Pemkab Bolmong menggelar kegiatan ‘Penelusuran Jejak Kesenian Tradisional Kabupaten Bolaang Mongondow,’ Minggu (06/06/2021), di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bontean desa Bilalang I.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya Pemkab Bolmong dalam rangka merevitalisasi dan melestarikan serta melakukan regenerasi pelaku kesenian tradisional Kabupaten Bolmong di tengah kerasnya pengaruh arus globalisasi dunia saat ini,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bolmong, Taufik Mokoginta, yang juga membuka secara resmi kegiatan itu.

Dikatakan Taufik, kegiatan yang menghadirkan tokoh budayawan daerah sebagai pemateri/tenaga ahli, Hairun Mokoginta itu, merupakan bagian dari penyusunan kajian kesenian tradisional di Bolmong yang telah hilang atau dilupakan.

“Dengan kegiatan penelusuran jejak kesenian tradisional, maka kita dapat mengangkat kesenian yang telah lama dilupakan orang, sekaligus melestarikan kesenian tersebut,” harap Taufik.

Karena, lanjut Taufik, langkah penelusuran dan pelestarian kesenian tradisional Bolmong sangat penting dilakukan secepatnya.

“Jika tidak, dikhawatirkan kesenian tradisional Bolmong akan mengalami kepunahan dan tidak ada jejak sama sekali,” demikian Taufik.

Diketahui, tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Passi bersatu dan Kecamatan Bilalang beserta sejumlah pelaku kesenian tradisional se-BMR, turut hadir dalam kegiatan tersebut. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.