Masih Pandemi, Warga Mongkonai Barat Ini Buat Usaha Pembuatan Kandang Ayam

Bagikan Artikel Ini:

 

Pembuatan Kandang Ayam

Salihan Mamonto saat memulai membuat kandang ayam pesanan konsumen

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Situasi pandemic covid-19 yang belum berakhir, dan mengharuskan warga untuk mengurangi mobilitas mereka untuk keluar rumah, rupanya tidak membuat kreatifitas seorang Salihan Mamonto, warga Kelurahan Mongkonai Barat surut.

Terbukti, meski di tengah himpitan pandemic yang masih terus saja bertambah setiap harinya, Salihan mampu membuka peluang usaha, dengan membuat kandang ayam hanya dari halaman rumahnya. “Iya, usaha ini saya awali sejak pandemic covid melanda yakni di awal tahun 2020. Saat itu saya mencoba mebuat kerajinan tangan mdel anyaman bambu, sampai dengan membuat kandang ayam seperti ini,” ungkap Salihan.

Dirinya menambahkan, keahlian pertukangan serta menganyam bamboo tersebut didapati olehnya sejak di bangku sekolah. “Saat itu kami mengikuti pramuka, dan harus belajar mandiri. Dari situ, saya belajar sedikit demi sedikit, dan akhirnya dikembangkan seperti sekarang ini,” tambahnya.

Salihan mengatakan kalau dalam sehari dirinya bisa membuat sekira 2-3 kurung yang berbahan dasar bambu. Namun, untuk pembuatan kandang ayam sendiri dirinya memerlukan waktu sampai 3 hari untuk bisa menyelesaikan sebuah kandang ayam. “Untuk harganya saya jual bervariasi mulai dari Rp 50-300 ribu, sesuai dengan ukurannya,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.