Yasti Percantik Kota Lolak Dengan Program PJU

Bagikan Artikel Ini:
Yasti Percantik Kota Lolak Dengan Program PJU

Yasti Percantik Kota Lolak Dengan Program PJU

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Bagian dari Komitmen untuk membangun Kabupaten Bolmong, Bupati – Wakil Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow – Yanny Tuuk membuat program Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk mempercantik wajah kota Lolak.

Program PJU itu sendiri merupakan lanjutan dari pembangunan infrastruktur di kawasan Ibu Kota Kabupaten Bolmong, setelah sebelumnya dilakukan program pelebaran jalan, penanaman taman bunga dan pembuatan median jalan. “Program PJU ini merupakan salah satu komitmen Ibu Bupati dalam membangun ibu kota Bolmong yang artinya Ibu Kota Kabupaten dikembangkan agar lebih terlihat cantik,” ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkab Bolmong, Soehendra Hamin, selaku instansi pelaksana teknis program PJU itu.

    Program PJU mendapat respon positif dari masyarakat Lolak

Menurut Soehendra, untuk sementara ada 137 titik PJU sepanjang kurang lebih 3,6 km di ruas jalan utama desa Lolak Tombolango dan desa Lalow. “Satu tiang PJU terdiri dua cabang yang akan dipasang dua mata lampu, untuk menerangi sisi jalur kiri dan kanan, sehingga total ada 274 mata lampu,” ujar Soehendra.

Total ada 137 titik PJU di sepanjang 3,6 km ruas jalan trans Sulawesi desa Lalow – desa Lolak Tombolango dan direncanakan masih akan bertambah ke depannya

Dikatakan Soehendra, saat ini program PJU itu telah dirampungkan oleh pihaknya dan tinggal menunggu diresmikan oleh Bupati Bolmong. “Telah dilakukan uji coba beberapa kali pada malam hari dan itu terlihat indah. Pada pokoknya, ini merupakan komitmen dari Ibu Bupati Bolmong, dalam membangun Ibu Kota Kabupaten. Apalagi kita akan memasuki momentum 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” tutur Soehendra.

Soehendra juga menjelaskan, terdapat keunikan dari PJU itu, yakni adanya panel untuk space iklan atau papan reklame yang dapat disesuaikan tinggi-rendahnya. “Ini merupakan gagasan Ibu Bupati agar disamping untuk mempercantik jalan juga dapat memberikan sumbangsi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Soehendra.

Yasti Dukung PT. JRBM Hentikan Operasional Sementara

Bupati, Yasti Soepredjo Mokoagow terus berkomitmen membangun Kabupaten Bolmong

PJU itu, lanjut Soehendra, telah menggunakan teknologi token sensor cahaya. “Jika sudah memasuki malam hari, lampu akan menyala secara otomatis dan juga di pagi hari akan padam secara otomatis,” imbuh Soehendra.

Sementara, saat uji coba PJU mendapat beragam respon positif dari masyarakat sekitar. “Selain kesan kota makin terlihat, Insya Allah omzet juga bisa semakin meningkat. Karena tempat yang terang memberikan kesan aman, terlebih ini kan jalan trans yang banyak dilalui warga dari luar Lolak,” harap Aldi Damopolii, salah satu pemilik kedai Boba di desa Lolak Tombolango.

Terpisah, Marjan Pontoh, warga Lolak Tombolango lainnya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolmong dengan adanya PJU tersebut. “Sungguh luar biasa, sudah nampak ibukota Bolmong. Kalau sudah terang benderang seperti ini kan, akan timbul niat untuk membuka usaha, baik rumah makan, warung dan lain sebagainya. Nanti juga bisa menambah perekonomian masyarakat,” kata Marjan.

Diketahui, selama empat tahun masa kepemimpinan Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk, telah banyak pembangunan yang dilakukan diberbagai bidang, baik berupa pembangunan Infrastruktur jalan, pertanian, perikanan, pendidikan, serta kesehatan dan pelayanan masyarakat. (ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.