Pemkab Bolmong Ikuti Evaluasi Penerapan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Bagikan Artikel Ini:
Pemkab Bolmong Ikuti Evaluasi Penerapan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Pemkab Bolmong Ikuti Evaluasi Penerapan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pemkab Bolmong ikuti evaluasi penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP), dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2020, oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB (KemenPAN RB) secara virtual, Selasa (14/09/2021), di Kantor Bupati, Lolak.

Kegiatan itu diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemkab Bolmong dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang.

Dikatakan Tahlis, evaluasi itu bertujuan untuk menilai sejauh mana perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi pada suatu daerah, dan memberikan saran perbaikan yang diperlukan agar reformasi birokrasi ini bisa berjalan lebih baik lagi, terlebih di saat pandemi COVID-19 yang masih mewabah.

Pemkab Bolmong Ikuti Evaluasi Penerapan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

“Mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi itu semua ditelusuri, kemudian ada beberapa indikator, dimana indikator ini merupakan standar yang ditentukan oleh KemenPAN RB,” ujar Tahlis.

Menurut Tahlis, melalui implementasi SAKIP dan RB, penggunaan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dapat berjalan efektif dan efisien, perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil, yang pada akhirnya pelayanan berjalan semakin optimal serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemkab Bolmong Ikuti Evaluasi Penerapan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

“Pemkab terus melakukan peningkatan budaya kinerja, perbaikan regulasi, penataan organisasi, penataan tata laksana, penataan SDM dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Begitu pun komponen SAKIP yaitu perencanaan kinerja, pelaporan kinerja, pengukuran kinerja, evaluasi internal, dan capaian kinerja yang juga merupakan komponen evaluasi kinerja SAKIP,” tutur Tahlis.

Tahlis pun berharap, adanya peningkatan hasil evaluasi SAKIP dan RB, serta senantiasa mengharapkan masukan dan arahan dari Tim Evaluasi Kemenpan RB agar program Pemkab Bolmong dapat berjalan efektif.

Masih dalam giat yang sama, Tahlis mempresentasikan beberapa poin penting keberhasilan pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, diantaranya indikator tujuan pertumbuhan ekonomi Tahun 2020 dengan Target 7.2 terealisasi 7.04 dengan capaian kinerja 97,77 persen; Dibandingkan dengan tahun 2019 adanya tingkat penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 0.80 % dari 71.849. Pertumbuhan Paling tinggi adalah untuk kategori pertambangan dan penggalian (10,55 %), sedangkan yang paling rendah terdapat pada kategori Penyediaan Akomodasi Makan dan Minum (-7,7 %).

“Faktor pandemi menjadi penyebab terjadinya penurunan pertumbuhan ekonomi,” kata Tahlis.

Sementara, lanjut Tahlis, untuk sektor investasi, berupa indikator kinerja sasaran pada Tahun 2020, persentase peningkatan nilai investasi dengan Target 20 % terealisasi sebesar 1.98 % dengan capaian Kinerja 9.90 %.

“Ini menunjukkan adanya penurunan capaian kinerja dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai 140,14 %. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi. Dapat dilihat bahwa penurunan investasi sangat signifikan dengan adanya pandemi COVID-19, investasi pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 mengalami penurunan sebesar 140 14%,” imbuh Tahlis.

Tahlis menjelaskan, untuk indikator persentase angka kemiskinan tahun 2020 dengan Target 7,61 sesuai data yang ada terealisasi 7,27, dengan capaian kinerja mencapai 104,67.

“Dibandingkan dengan tahun 2019 ada penurunan capaian indikator presentase angka kemiskinan 30 persen dari 7.4 persen,” ucap Tahlis.

Pemkab Bolmong Ikuti Evaluasi Penerapan SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Disisi lain akuntabilitas kinerja, capaian kinerja Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow pada tahun 2020, diungkapkan Tahlis, sangat baik.

“Hal ini dapat digambarkan dengan dilaksanakannya 15 indikator sasaran sebagai Indikator kinerja utama yang telah ditetapkan sesuai RPJMD Tahun 2018-2022. Rata-rata realisasi capaian kinerja mencapai 100% atau bermakna baik sekali,” demikian Tahlis.

Diketahui, dari hasil pemaparan, tim assessor memberikan apresiasi atas progress yang sangat positif dari SAKIP dan RB Kabupaten Bolmong tahun 2020.

Dilihat dari apresiasi yang sangat positif dari tim assessor terkait pelaksanaan akuntabilitas kinerja, dan pelaksanaan RB di Bolmong.

Hal itu membuktikan bahwa adanya komitmen dari Bupati yang besar keinginannya untuk menjadikan Bolmong lebih hebat kedepannya di berbagai aspek.(ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.