Amankan Malam Tahun Baru, Polres Kotamobagu Bersama TNI Siagakan 426 Personil

Bagikan Artikel Ini:

 

Amankan Malam Tahun BaruBERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Untuk amankan malam tahun baru di Kota Kotamobagu, Polres Kotamobagu diketahui telah menyaiagakan sekira 426 personil Bersama dengan TNI, yang dimiliki untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses malam bergantian tahun berlangsung.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK, usai memimpin apel kesiapan pengamanan tahun baru yang digelar di ruas Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kotamobagu, jumat 31 Desember 2021.

“Ada sekira 426 personil gabungan mulai dari TNI-Polri, instansi terkait, adik-adik pramuka dan Ormas dari pemuda Ansor. Untuk titik-titik pengamanan diantaranya jalur lalu lintas dan gereja tempat ibadah saudara kita umat kristiani yang melaksanakan ibadah misa malam pergantian tahun dan tahun baru,” kata Kapolres AKBP Irham Halid SIK.

Lanjut Kapolres AKBP Irham Halid SIK, pihaknya akan menempatkan personil di 6 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. “Termasuk di titik-titik yang menimbulkan kerumunan kita akan tempatkan personil pengamanan. Mudah-mudahan malam pergantian tahun ini bisa dilaksanakan dengan penuh suka cita tanpa harus menimbulkan kerumunan, tanpa arak-arakan, konvoi dijalan atau tidak ada pesta kembang api,” ujarnya.

Selain itu kata Kapolres, pada malam pergantian tahun pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di pusat Kota Kotamobagu. “Untuk di pusat keramaian kita lakukan counter flow atau pengalihan arus lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan di pusat kota,” tuturnya.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh personil pengamanan malam pergantian tahun untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan dengan rasa tanggungjawab.

“Saya bersama pak Dandim mengimbau kepada rekan-rekan sekalian, agar laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan rasa tanggungjawab demi kepentingan masyarakat. Selain itu, kegiatan malam pergantian tahun biasanya diisi oleh saudara kita yang beragama Kristiani untuk melaksanakan ibadah untuk itu wajib kita amankan,” ujar Kapolres.

Di sisi lain tambah Kapolres, adanya pandemi COVID-19 oleh pemerintah pusat telah mengatur pelaksanaan malam pergantian tahun dengan berbagai aturan demi menjaga penyebaran Covid-19.

“Instruksi Mendagri mengisyaratkan kepada kita bahwa tidak boleh ada kerumunan dalam perayaan malam tahun baru. Selamat bertugas mengamankan malam perayaan tahun. Tetap sehat dan semangat,” pesannya.

Dalam apel tersebut, Kapolres Kotamobagu bersama Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf Raja Gunung Nasution, menyerahkan suplemen kepada personil yang akan mengamankan jalannya malam pergantian tahun. Hadir dalam apel, Waka Polres Kompol Rina Frilya SIK, Wadanyon Brimob Detasemen B Inuai, AKP Agung Widodo serta pejabat teras Polres Kotamobagu. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.