TP PKK Kecamatan Lolak Juara Lomba Cipta Menu B2SA

Bagikan Artikel Ini:

TP PKK Kecamatan Lolak Juara Lomba Cipta Menu B2SA
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Lolak berhasil meraih juara I gelaran Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Senin (21/03/2022), di Ibra Cafe, Lolak.

Pada kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pemkab Bolmong, bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Bolmong, TP PKK Kecamatan Poigar dan berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp3 juta serta tropi setelah meraih juara kedua.

Sementara, untuk posisi juara ketiga diraih oleh TP PKK Kecamatan Sang Tombolang dan berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp2,5 juta dan tropi.

Keberhasilan TP PKK Kecamatan Lolak meraih predikat terbaik, dipastikan setelah melalui tahapan penilaian oleh dewan juri yang terdiri dari lima orang. Dimana formasi tersebut diisi Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang, Ketua TP PKK Bolmong Ny Lesly Lanny Tuuk-Kaligis, Chef dari Sutan Raja Hotel, Ahli Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Bolmong, dan unsur Pers.

Ada pun penilaiannya merujuk pada empat poin. Mulai dari keragaman, gizi, cita rasa, dan pengaplikasian bahan berbasis lokal pada masakan.

Nantinya, TP PKK Kecamatan Lolak akan mewakili Kabupaten Bolmong mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Selain itu, pemenang juara I juga mendapatkan tropi dan hadiah uang sebesar Rp5 juta.

Kepala DKP Pemkab Bolmong, I Nyoman Sukra mengungkapkan, pelaksanaan lomba cipta menu ini nantinya bisa menginspirasi kelompok keluarga mulai dari tingkat kecamatan hingga desa untuk dapat menciptakan menu masakan yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi.

“Sebagaimana tema yang kita angkat pada hari ini, saya berharap lomba ini menjadi pelopor untuk dapat mengkonsumsi pangan lokal B2SA, guna meningkatkan imunitas tubuh untuk menangkal Covid-19,” ucap Sukra.

Sementara itu, Ketua TP PKK Bolmong, Ny Lesly Lanny Tuuk-Kaligis memberikan apresiasi kepada para peserta yang terdiri dari pengurus TP PKK di 15 Kecamatan se Bolmong.

“Ini merupakan bagian dalam menunjang kerja pemerintah dari sisi ketahanan dan kesehatan pangan. Saya harap, dengan lomba cipta menu B2SA ini, kita bisa menjadi teladan bagi masyarakat untuk dapat mengkonsumsi masakan yang bergizi, seimbang dan aman,” tutur lesly.

Sebelum pelaksanaan lomba cipta menu ditutup, Sekda Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM menyampaikan bahwa dari sekian sajian yang dilombakan oleh 15 Kecamatan memiliki cita rasa yang enak dan penyajian yang unik.

“Kalau mau dilihat, semuanya itu layak mendapatkan juara satu. Meski demikian, ini merupakan perlombaan sehingga ada yang memiliki keunggulan dari sisi keragaman menu, cita rasa, dan lain-lain,” ungkap Tahlis. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.