Bupati Sachrul Secara Resmi Tutup Gelaran MTQ Ke-7

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sam Sachrul Mamonto saat menutup gelaran MTQ ke-7

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang berlangsung di lapangan Gogaluman Tutuyan sejak tanggal 19 Mei 2022, resmi ditutup oleh Bupati Boltim Sam Sam Sachrul, S.Sos, M.Si, Sabtu 21Mei 2022.

Bupati Sachrul Secara Resmi Tutup Gelaran MTQ Ke-7

Pada kesempatan itu bupati menyampaikan, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan MTQ ini sebagai upaya pemerintah meningkatkan dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap bacaan Alquran. “MTQ salah satu ajang syiar agama untuk semua umat muslim. Sehingga harus kita lestarikan dan laksanakan secara resmi,” kata bupati.

Bupati Sachrul Secara Resmi Tutup Gelaran MTQ Ke-7

Lanjut bupati, saat pengumuman pemenang, dia melihat ada beberapa kecamatan sangat bergembira karena utusan atau kafilanya mendapatkan juara. Tapi, ada juga yang belum mendapat juara. “Bagi yang belum dapat juara tingkatkan lagi. Jangan pernah kita kecewa, karena sebenarnya membaca Alquran ini, tidak untuk dilombakan tapi diwajibkan bagi seluruh umat muslim. Kenapa dilombakan, karena untuk mecari para hafiz dan mecari bibit-bibit anak muda yang hebat untuk melafazkan atau membaca Alquran dengan baik,” terang bupati.

Bupati Sachrul Secara Resmi Tutup Gelaran MTQ Ke-7

Bupati pun mengatakan, ketika masih ada generasi yang membaca Alquran dengan baik, melafazkan kitab Allah dengan baik, maka dia sebagai bupati yakin dan percaya akan ada banyak keberkahan yang didapat. “Akan melimpah keberkahan yang akan kita dapat ketika generasi kita di didik dengan cara seperti ini. Memperdalam ilmu agama, mengaji, memperlombakan dan melafalkan ayat-ayar Alquran itu luar biasa,” kata bupati.

Lebih lanjut bupati mengatakan, bahwa masalah yang dihadapi saat ini tak hanya Indonesia tapi seluruh dunia, dimana anak-anak itu sudah mulai melupakan budaya membaca Alquran.

Pasalnya menurut bupati, diera teknologi yang sudah mulai maju ini yang merambah ke seluruh kelompok masyarakat tanpa melihat batas usia, dimana anak-anak sekarang masih usia kelas 1 SD, kebanyakan sudah punya handphon. “Hal ini tentu telah mengikis budaya kita untuk mengaji. Jadi perlu kita tumbuh kembangkan lagi agar ada kecintaan lagi terhadap membaca Alquran,” ujar bupati.

Diakhir sambutan, bupati menyampaikan bagi Kafila yang menang dan akan diutus ke MTQ Tingkat Provinsi, mereka menjadi perhatian khusus. “Saya minta kepada Kabag Kesra untuk mengawal Kafila Boltim sampai ke provinsi dan memfasilitasi mereka. Mudah-mudah mereka bisa berhasil dan mendapat juara,” imbuh bupati.

“Selamat kepada para pemenang. Dan saya menutup MTQ ini dengan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanir Rahiim,” tutup bupati.

Diketahui, MTQ ke-7 ini Kecamatan Modayag Barat kembali menyabet juara umum yang ke tujuh kalinya secara berturut-turut hadir pula pada acara penutup MTQ, para Asisten, Kepala SKPD, Kepala Kemenag Boltim, Camat dan ASN Pemkab Boltim.

 

Laporan : Rifki Palengkahu

Editor : Kamal Babay

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.