Bupati Sachrul Serahkan LKPD Unaudited ke BPK Perwakilan Sulut

Bagikan Artikel Ini:

Bupati Sachrul Serahkan LKPD Unaudited ke BPK Perwakilan Sulut

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun 2021 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara, bertempat di Auditorium  BPK-RI Perwakilan Sulut di Manado, Jumat 18 Maret 2022.

Bupati Sachrul Serahkan LKPD Unaudited ke BPK Perwakilan Sulut

Adapun penyerahan LKPD Unaudited merupakan bentuk pertanggung jawaban dan kewajiban bagi setiap daerah atas pengelolaan keuangan daerah.Untuk Pemkab Boltim sendiri  LKPD Unaudited, diserahkan langsung Bupati Sam Sachrul Mamonto didampingi Wakil Bupati Oscar Manoppo kepada Kepala BPK RI, Perwakilan Sulut, Karyadi.

Menurut Sachrul, penyerahan LKPD tersebut merupakan bagian dari pertanggungjawaban terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Boltim pada tahun 2021. “Penyerahan LKPD merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Boltim untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang telah diraih delapan kali secara berturut-turut, “ kata Sachrul.

Bupati Sachrul Serahkan LKPD Unaudited ke BPK Perwakilan Sulut

Sachrul pun berharap akan selalu mendapatkan arahan dari BPK RI dalam rangka peningkatan tata kelola keuangan daerah yang berujung pada peningkatan kualitas pelaksanaan tugas-tugas ASN di Kabupaten Boltim.

Sementara Kepala Inspektorat Daerah Boltim Hardiman Pasambuna mengatakan, setelah penyerahan LKPD ini BPK akan masuk dengan pemeriksaan rinci yang dimulai tanggal 21 Maret dan entri meeting tanggal 22 Maret 2022. “Tim BPK akan mulai dengan audit rinci selama 30 hari, untuk itu agar semua proaktif ketika pemeriksaan rinci atas pengelolaan keuangan di SKPD. Karena kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik di lapangan. Tim BPK yang turun adalah tim BPK pada saat pemeriksaan pendahuluan. Kita tetap optimis mempertahankan WTP, “ kata Hardiman.

Bupati Sachrul Serahkan LKPD Unaudited ke BPK Perwakilan Sulut

Terkait dengan audit rinci, dia pun berharap kepada Pimpinan SKPD, PPTK dan bendahara agar persiapkan dokumen penggunaan anggaran tahun kemarin sebelum BPK masuk. “Lengkapi semua dokumen pemeriksaan untuk memudahkan pemeriksaan nanti, “ tegasnya.

Turut hadir mendampingi bupati dalam kegiatan tersebut, Sekda Boltim Sonny Warokka, Asisten I Priyamos, Asisten II MR Alung , Asisten III Rusmin Mokoagow, Inspektur Daerah Hardiman Pasambuna,  Kepala BPKAD Wiwik Kurnia serta Kepala Diskominfo Khaeruddin Mamonto.(KP)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.