KPU Kotamobagu Sukses Gelar Peluncuran Tahapan Pemilukada

Bagikan Artikel Ini:

KPU Kotamobagu Sukses Gelar Peluncuran Tahapan Pemilukada

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pelaksanaan peluncuran tahapan Pemilukada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu sukses digelar di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, Sabtu, 18 Mei 2024.

Ribuan warga terlihat memadati alun alun boki hotinimbang Kotamibagu, guna menyaksikan proses peluncuran tahapan Pemilukads serentak yang ikut digelar oleh KPU Kotamobagu.

KPU Kotamobagu Sukses Gelar Peluncuran Tahapan Pemilukada

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Kotamobagu, Mishart Ajinulah Manoppo SE, menyampaikan bahwa pucak acara peluncuran tahapan tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran Maskot Si Kabela dan Jingle KPU Kota Kotamobagu dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

Pada kesempatan ini, Mishart pun sedikit mengurai alasan KPU Kotamobagu memilih Si Kabela sebagai maskot penyelenggaraan Pilkada tahun 2024.

KPU Kotamobagu Sukses Gelar Peluncuran Tahapan Pemilukada

Menurutnya, secara histori Kabela merupakan salah satu barang berharga bagi suku Bolaang Mongondow. Sebagai barang atau wadah, Kabela digunakan untuk menjemput tamu sebagai simbol kehormatan terhadap setiap tamu yang datang di daerah Bolaang Mongondow.

KPU Kotamobagu Sukses Gelar Peluncuran Tahapan Pemilukada

“KPU menginginkan semua tahapan pelaksanaan Pilkada didasari rasa hormat kepada seluruh warga negara Indonesia terkhusus masyarakat Kota Kotamobagu. Bahwa menggunakan hak pilih adalah sebuah kehormatan dan aspirasi berharga dalam menentukan masa depan Kota Kotamobagu 5 tahun ke depan, sehingga kehormatan terhadap pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November nanti adalah sebuah penghormatan lahirnya pemimpin baru kita, kepala daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu periode 2024-2029,” terangnya.

Masih dalam sambutannya, Mishart mengatakan, periode Pilkada yakni 5 tahun sekali dan hingga hari ini Kota Kotamobagu dipimpin seorang Penjabat Wali Kota.

“Jika diistilahkan dalam istilah kerajaan, Penjabat Wali Kota adalah Raja Pinonigat (diantara) yang juga akan menentukan bagaimana proses terpilihnya pemimpin daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu untuk 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Mantan Komisioner Bawaslu Kotamobagu ini juga menyampaikan, bahwa peluncuran tahapan Pilkada pada hari ini menunjukkan komitmen dan kesiapan KPU dalam menyambut pelaksanaan Pilkada.

“Seluruh rangkaian kegiatan hari ini adalah bentuk KPU menunjukkan kepada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu, bahwa kami selaku penyelenggara siap melaksanakan pemilihan kepala daerah pada tanggal 27 November mendatang, karena kegiatan hari ini merupakan salah satu tahapan yang sudah kita mulai sejak 27 Februari 2024 lalu,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Mishart menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut terlibat sekaligus mendukung suksesnya peluncuran tahapan Pilkada tahun 2024 di Kota Kotamobagu.

“Terima kasih pak wali kota, unsur forkopimda serta sejumlah pihak terkait lebih khusus masyarakat Kota Kotamobagu sukur moanto’, sudah hadir dan turut menyaksikan peluncuran tahapan Pilkada di Alun-alun Boki Hontinimbang Kotamobagu pada malam hari ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, rangkaian peluncuran tahapan Pilkada 2024 diawali dengan Fun Run serta dialog kebangsaan yang digelar sabtu pagi.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag, Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Fahmil Harris, Ketua TP PKK Kotamobagu Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, Pinca BRI Kotamobagu Arya Gani Agusta, para Komisioner dan jajaran Sekretariat KPU Kotamobagu, Ketua beserta anggota Bawaslu Kotamobagu. (*)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.