Prosesi Jemputan Adat Sambut Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Baru  

Bagikan Artikel Ini:

 

ADVETORIAL

Bupati dan Wakil Bupati Bolmong saat dijemput oleh tokoh adat di rumah jabatan

BERITATOTABUAN.COM, ADVETORIAL – Penjemputan adat kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow yang baru dilantik, digelar Selasa (23/05/2017) pagi tadi di Rumah Dinas (Rudis) Bupati yang terletak di Desa Lalow Kecamatan Lolak.

Dalam proses penjemputan adat tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Bolmong yang baru, yaknis Yasti Soperedjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk menyusuri jalan masuk menuju rumah jabatan, kemudian dijemput oleh sejumlah tokoh adat Bolmong, seraya memberikan doa dan sambutan adat terhadap pemimpin baru daerah tersebut.

Bupati Bolmong saat memasuki rumah jabatan dalamn penjemputan adat

Tidak hanya sampai disitu, Yasti – Yanny pun disambut dengan sejumlah tarian khas Bolaang Mongondow dalam proses penjemputan seraya memasuki rumah jabatan yang nanti akan ditempati selama lima tahun kedepan.

Dalam prosesi itu juga, Yasti dipasangkan atribut yang biasa dipakai oleh para Bogani Perempuan, yang menandakan kalau Yasti merupakan pemimpin adat dan pewaris tradisi para Bogani.

Bupati Bolmong saat berada di singgasana adat dalam rumah jabatan

Yasti dalam kesempatan tersebut mengatakan kalau dirinya akan terus menjaga amanah dan adat istiadat Bolaang Mongondow sebagai pemimpin di daerah itu. “Sebagai pemimpin adat saya mengajak kepada kita semua untuk terus melestarikan budaya dan adat Bolang Mongondow serta tidak malu menunjukkan jati diri kita sebagai warga Mongondow,” ucap Yasti dalam sambutannya.

Bupati dan Wakil Bupati Bolmong saat foto bersama mantan Penjabat Bupati pada acara penjemputan adat

Yasti pun mengajak kepada segenap elemen masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow untuk terus menjaga motto leluhur yakni Mototompiaan, Mototabian, bo Mototanoban, sebagai prinsip hidup yang harus terus dibudayakan. “Sebab sifat saling toleransi, hormat-menghormati dan mengasihi sesama merupakan pedoman adat Mongondow yang harus dijaga,” tambahnya. (advertorial/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.