19 Desa Menjadi Target Penurunan Stunting Pemkab Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

19 Desa Menjadi Target Penurunan Stunting Pemkab Bolmong
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – 19 Desa yang ada di 7 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), ditetapkan menjadi target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk menurunkan angka stunting di tahun 2020.

Lokasi yang menjadi target penanganan stunting tersebut, yakni 8 desa di Kecamatan Lolayan, 3 Desa di Kecamatan Dumoga Barat, 2 desa di Kecamatan Dumoga Utara, 2 desa di Kecamatan Dumoga Timur, 2 desa di Kecamatan Lolak, 1 desa di Kecamatan Sangtombolang dan 1 desa di Kecamatan Bolaang.

BACAPemkab Bolmong Ikuti Bimtek Aksi 4 Konvergensi Penurunan Stunting

Terkait penanganan stunting tersebut, Pemkab Bolmong melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Konvergensi/Intervensi Penurunan Stunting 2020, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Bappelitbangda Bolmong bekerjasama dengan Regional V Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Makassar, Kamis (13/08/2020), Room Meeting 3 Bintang, Kelurahan Mongkonai, Kotamobagu Barat.

“Rakor ini bertujuan mereview kembali empat aksi yang merupakan fokus pertama yakni, Analisis Situasi, Penyusunan Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting dan Peraturan Bupati tentang Peran Desa,” ungkap Sekretaris Bappeda Pemkab Bolmong, Aldi Pudul yang juga mewakili Kepala Bappeda untuk membuka Rakor tersebut.

BACAPandemi Tak Surutkan Langkah Pemkab Bolmong Perangi Stunting

Dikatakan Aldi, untuk menurunkan angka stunting, diperlukan tindaklanjut Pemerintah Daerah dalam merealisasikan hasil rekomendasi dari Analisis Situasi tentang program/kegiatan OPD dalam meningkatkan cakupan dan integrasi layanan (intervensi) di tingkat Kabupaten dan Desa pada tahun berjalan atau satu tahun berikutnya.

“Diperlukan program/kegiatan OPD dalam penyesuaian alokasi anggaran dan target lokasi intervensi, sehingga melalui perbaikan manajemen layanan dapat menjangkau dan meningkatkan integrasi intervensi gizi pada rumah tangga 1000 HPK,” demikian Aldi.

Diketahui, Sam Patoro Larobu SH MH, Tim Leader Regional 5 Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, turut hadir sebagai pemateri. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.