Awal Tahun 2017, 6 Warga Bolmong Terserang DBD

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM,Awal Tahun 2017, 6 Warga Bolmong Terserang DBD BOLMONG – Kondisi cuaca yang tak menentu sangat rentan menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Ya, diketahui untuk bulan ini, sudah enam warga Bolmong yang terkena penyakit berbahaya ini.

Kepala  Seksi Pengendalian Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PD2M PTM dan Keswa) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Wiyono mengatakan, pihaknya sudah langsung melakukan fogging ke daerah yang warganya terkena DBD tersebut. “Ya, warga yang terkena penyakit DBD tersebut sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) yang ada di Kotamobagu. Belum ada korban jiwa, namun kami langsung melakukan fogigng ke daerah mereka,” katanya.

Ditambahkan, kasus DBD 2016 lalu di Kabupaten Bolmong, ada 169 penderita. “Jadi, di antara 169 itu, satu orang yang meninggal yakni pada bulan  Januari 2016 di puskesmas Tadoy anak umur 3 tahun,” ujarnya.

Menurutnya, kalau dulu yang terkena penyakit tersebut, identik dengan umur, namun sekarang justru berbeda. “Waktu nyamuk mencari makanan, mulai pagi sampai pukul 10, kemudian sore setelah pukul 16:00. Nah, orang-orang pada jam tersebut kemudian berada  di rumah. Itulah yang menjadi sasaran nyamuk. Bisa juga berlaku pada Pukul 11:00  kalau ruangan dalam rumah mereka itu ber AC sehingga nuansanya mirip dengan pagi,” katanya.

Lanjutnya, sekarang tidak lagi dilihat dari umur untuk menderita DBD, paling banyak pada ekonomi sudah termasuk tinggi. “Bisa juga orang yang tinggal  di daerah yang mudah nyamuk berkembang,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Bolmong Jullin Papuling mengatakan, solusinya  yang harus lakukan untuk mengatasinya adalah yang sakit segera diobati supaya tidak menularkan ke orang yang sehat. “Juga, lingkungan segera dikendalikan supaya tidak menjadi perindukan perkembangan nyamuk, serta menjaga lingkungan tetap bersih,” katanya. (mg2/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.