Banjir Landa Bolmong, 1 Rumah Hanyut dan 1 Jembatan Putus

Bagikan Artikel Ini:
Banjir di Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolmong (Dok: Istimewa)

Banjir di Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolmong (Dok: Istimewa)

 

BOLMONG, BERITATOTABUAN.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mencatat 1 rumah hanyut dan 1 jembatan putus Imbas banjir. Setidaknya, 3 Kecamatan terendam banjir.

“Cakupan wilayah terdampak banjir yang luas dan tersebar di 3 Kecamatan,” ujar Kepala BPBD Bolmong Sugiharto Banteng, Selasa (13/8/2024).

Pihaknya mencatat ada 8 Desa yang tersebar dari 3 Kecamatan terendam banjir pada Selasa (13/8) sejak Pukul 08.00 Wita. Dari Kecamatan Dumoga, Desa Toruakat, Desa Pusian. Kecamatan Dumoga Timur, Kelurahan Imandi, Desa Tonom, Desa Mogoyunggung 1 dan Kecamatan Lolayan, Desa Tanoyan Utara, Desa Tanoyan Selatan, Desa Mengkang, Desa Mopusi.

“Banjir merendam pemukiman warga masyarakat (dalam pendataan),” ujar Sugiharto.

Dirinya mengatakan hingga malam hari Selasa kemarin (13/8) air masih menggenangi rumah warga, kendati demikian, air mulai surut. Imbas banjir satu rumah semi permanen hanyut dan 1 jembatan putus.

“1 jembatan putus yang berada di desa Mengkang dan 1 jembatan putus di jalan perkebunan Desa Mopusi, 1 Unit Rumah Papan Hanyut Di Desa Bakan,” ujar Sugiharto.

Dirinya membeberkan banjir yang terjadi akibat cuurah hujan yang tinggi sejak Senin (11/8). Mengakibatkan air sungai meluap dan naik ke pemukiman warga.

“Cuaca ekstrem hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Wilayah Kab. Bolaang Mongondow sejak tanggal 12 hingga sekarang menyebabkan kapasitas/debit air sungai merendam pemukiman masyarakat,” paparnya.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.