Bupati Perintahkan APBDes Akomodir Honor Pengajar Santri

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Perintahkan APBDes Akomodir Honor Pengajar Santri

Bupati saat memberikan sambutan dalam acara wisuda santri pagi tadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow meminta agar Angagran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) bisa mengakomodir honor dari para pengajar santri.
Hal tersebut diungkapkan Bupati dalam sambutannya pada saat wisuda ribuan santri di Kabupaten Bolmong, Kamis (04/04/2019) yang digelar di halaman Kantor Bupati Bolmong. “Beberapa waktu lalu saya telah menanda tangani peraturan bupati agar semua sangadi yang ada TPA atau TPW yang guru gurunya belum mendapatkan honor baik dari Kementerian maupun Pemda, harus dianggarkan di APBDes,” ungkap Bupati.
Bupati mengatakan kalau hal tersebut sudah disiratkan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Desa pada penyusunan APBDes. “Dimana dalam Juknis tersebut anggaran desa tidak hanya difokuskan pada infrastruktur saja, tetapi juga harus memperhatikan faktor pemberdayaan,” tambahnya.
Bupati kembali menegaskan kalau TPA dan TPQ tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat. “Saya sudah panggil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk segera melaksanakan. Saya meminta kepada Kementerian Agama untuk mendata TPA TPQ mana saja yang guru gurunya belum mendapatkam honor untuk dimasukkan ke PMD agar supaya kepala desanya dipanggil untuk dinggarkan,” tuturnya. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.