Dana Desa Kabupaten Bolmong Tembus Rp152 Miliar

Bagikan Artikel Ini:
Dana Desa Kabupaten Bolmong Tembus Rp152 Miliar

Ashari Sugeha

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Tahun 2017 ini dana desa Kabupaten Bolmong tembus Rp152 miliar, hal itu diungkapkan Sekda Bolmong Drs Ashari Sugeha, seraya menyebut kalau saat ini anggaran Dandes di daerahnya mengalami kenaikan  yang cukup signifikan. “Jika di tahun sebelumnya berkisar Rp119 miliar, maka tahun ini dapat menyentuh hingga Rp152 miliar,” ucap Ashari.

Ashari mengatakan, kalau dana yang diperuntukkan untuk pembangunan desa tersebut akan segera disalurkan oleh mereka. “Untuk saat ini kan masih ada perbaikan. Yang pasti secepatnya anggaran ini akan disalurkan,” katanya.

Tidak lupa, dirinya pun mengingatkan, agar Dandes tersebut harus diberdayakan baik-baik oleh setiap kepala desa. Apalagi di Bolmong memiliki 200 desa. “Kalau dipergunakan secara baik-baik pasti bisa membangun desa,” katanya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh sangadi, agar dalam pelaksanaan manjemen keuangan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Desa (Permendes), Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu). “Kalau kedapatan itu sudah kelalaian sendiri, sudah kurang lebih dua tahun belajar bagaimana cara mangelola Dandes, apa lagi sudah ada pendamping desa. Sebaiknya, kalau pun ada masalah silahkan membuka diri dengan instansi terkait untuk meluruskan, supaya tidak salah, karena aturannya ada,”  ujarnya.

Sementara itu, Bendahara Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Pratiwi Sumanta mengatakan, realisasi Dandes tahun 2016 sudah berjalan semua. “Hingga, tahap akhir semua desa sudah mencairkan Dandes, jadi 2016 semua selesai,” katanya. (mg2/jun)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.