Jadi Pemateri Kegiatan Komsos Koramil Dumoga, Marief Ingatkan Bijak Bermedsos

Bagikan Artikel Ini:

Jadi Pemateri Kegiatan Komsos Koramil Dumoga, Marief Ingatkan Bijak Bermedsos
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Didaulat jadi pemateri dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan aparat pemerintah oleh Kodim 1303/BM Tahun Anggaran 2022, Kamis (16/06/2022), Kepala Diskominfo Bolmong Ma’rief Mokodompit ingatkan bijak bermedsos.

Kegiatan yang digelar di Aula Totabuan Kantor Koramil 1303-07/Dumoga itu, bertajuk ‘Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital.’

Kadis Kominfo Ma’rief Mokodompit saat membawakan materinya mengungkapkan, di era globalisasi saat ini, media sosial memegang peranan penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi ada positif dan negatifnya.

Hanya dalam satu genggaman, lanjut Ma’rief, seluruh manusia bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa batas.

Beberapa media sosial yang digunakan karena kemudahannya, menurut Ma’rief, adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

“Sekarang marak pula terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak. Olehnya kita dituntut supaya bisa menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab,” kata Ma’rief.

Selain itu, dijelaskan Ma’rief, dalam bermedsos harus menjaga etika, sopan santun, Hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati.

“Akan selalu ada limpahan informasi atau orang-orang tak bertanggung jawab,” ujar Ma’rief.

Oleh karena itu, Ma’rief mengajak agar harus mawas diri dalam menyaring informasi-informasi yang tersebar.

Selain itu, Ma’rief mengingatkan untuk mewaspadai pula pengguna-pengguna tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan atau hal-hal lain yang tak diinginkan.

Sementara, Kasdim Mayor Ahr. Ahmad Janis mewakili Dandim 1303/BM, Kasdim Mayor Ahr. Ahmad Janis dalam sambutannya mengatakan, antara masyarakat ataupun pemerintah, perlu adanya komunikasi yang harus di bangun dengan baik.

“Menjalin komunikasi baik TNI aparat desa dan pemerintah agar terpelihara komunikasi dan keharmonisan dalam bermasyarakat,” kata Janis.

Menurut Janis, perlu adanya sosialisasi terkait penggunaan Media Sosial (Medsos) yang baik dan benar, karena pada umumnya masyarakat sudah banyak menggunakan internet dan medsos.

Masih dalam giat yang sama, Danramil Kapten CZI Sardi O. Mamonto menyampaikan, koordinasi antara TNI AD dan Pemerintah sangat penting untuk mempererat hubungan dalam berkomunikasi dalam menjaga stabilitas keamanan.

Dikatakan Sardi, setiap informasi kecil yang didapat, apabila cepat dalam informasi maka kita bisa mendeteksi ataupun mempersiapkan apa yang perlu dilakukan.

“Tunjuannya hanya satu yakni menciptakan wilayah yang aman tanpa gangguan apapun,” kata Sardi.

Karenanya, Sardi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam bermedsos, harus di kroscek apapun yang ada di medsos.

“Jangan asal membagikan supaya tidak menimbulkan polemik dimasyarakat,” demikian Sardi.

Diketahui, Sangadi dan seluruh perangkat Kecamatan Dumoga Timur, Camat se-Kecamatan Dumoga turut hadir dalam giat tersebut. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.