Mahasiswa KKT Unsrat di Bolmong Dibekali Pengetahuan Pengisian Profil Desa

Bagikan Artikel Ini:
Suasana pelepasan mahasiswa KKT Unsrat beberapa waktu lalu yang dihadiri langsung oleh Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Ribuan mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) di Kabupaten Bolaang Mongondow dibekali dengan pengetahuan, terkait tata cara pengisian profil desa.

Hal tersebut tercermin dari kegiatan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolmong, dengan mengumpulkan para mahasiswa KKT tersebut di ala Dinas PMD beberapa waktu lalu. “Sebagaimana arahan ibu Bupati, para mahasiswa akan iku membantu pemerintah desa, dalam melakukan pengisian serta pemutakhiran profil desa, guna menunjang perencanaan pembangunan di desa,” ucap Asisten III Pemkab Bolmong B.D Panambunan pada kesempatan itu.

Nantinya para mahasiswa ditambahkan olehnya, dalam pengisian dan pemutakhiran profil desa tersebut akan melakukan pendataan dari rumah ke rumah, guna mendapatkan data yang valid, untuk kemudian dimasukkan dalam aplikasi yang telah disediakan. “Kami yakin kemampuan yang dimiliki oleh para mahasiswa ini cukup mumpuni untuk merampungkan pendataan dan juga pengisian profil desa kali ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Analisis Pembangunan, Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan Bappeda Kabupaten Bolaang Mongondow, Komarudin Malah SIK ME, menambahkan kalau proses pemutakhiran prifil desa dan kelurahan itu, akan diawali dengan pendataan secara manual. “Nanti dari data yang didapat di lapangan akan dimasukkan pada aplikasi yang dikembangkan oleh kami pihak Bappeda. Untuk pengisian ke aplikasi itu juga nanti para mahasiswa akan diberikan akses dengan memberikan akun serta password di tiap desa,” imbuh Malah. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.