Petani di Bolmong Diharapkan Mengembangkan Mindset Agribisnis

Bagikan Artikel Ini:

Petani di Bolmong Diharapkan Mengembangkan Mindset Agribisnis
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Petani yang ada di wilayah Kabupaten Bolmong, diharapkan bisa belajar mengembangkan mindset (pola pikir) agribisnis.

“Geser mindset ke sistem usaha agribisnis,” ucap Plt. Kepala Dinas Perkebunan Pemkab Bolmong, Tonny Toligaga, Rabu (09/06/2021).

Menurut Tonny, mengacu pada cara pandang ekonomi, agribisnis diartikan sebagai usaha mempelajari strategi guna memperoleh keuntungan berdasarkan pengelolaan pada aspek budidaya dan persiapan bahan baku untuk mendukung pertanian/perkebunan dari sektor hulu hingga hilir.

“Kita belajar dari sekian komoditi utama yang telah dikembangkan selama ini. Kita kembangkan komoditi yang sesuai dengan kondisi kita di Bolmong,” ujar Tonny.

Dijelaskan Tonny, permasalahan yang ada pada petani di Bolmong selama ini adalah inkonsistensi.

“Setiap ada komoditi yang baru yang lagi booming, tidak berarti harus membuat kita mengganti tanaman di kebun yang selama ini telah menghasilkan,” kata Tonny.

Selama ini, jelas Tonny, belum ada komoditi yang sedang booming bisa dikatakan benar-benar berhasil.

“Jangan kita telah menebang pohon kelapa atau cokelat dan diganti dengan komoditi baru seperti kemarin rumput penghasil minyak atsiri, sekarang kan kurang terdengar lagi gaungnya,” Tonny mencontohkan.

Meski sepenuhnya menyerahkan pilihan kepada para petani, Tonny berharap berharap petani bisa konsisten mengembangkan komoditi di kebunnya ke arah agribisnis, sehingga bisa memberi hasil maksimal secara berkelanjutan.

“Setiap komoditi itu ada kawasan-kawasan yang cocok. Makanya kita kawal untuk mendukung program pertanian nasional, sesuai Permentan No.56 tahun 2015 tentang Program Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional,” demikian Tonny. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.