Sukses Pertahankan Gelar di Tingkat Provinsi, Doloduo II Tatap Lomba Desa Tingkat Nasional

Bagikan Artikel Ini:

Sukses Pertahankan Gelar di Tingkat Provinsi, Doloduo II Tatap Lomba Desa Tingkat Nasional

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dengan beragam inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Doloduo II, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus melahirkan berbagai prestasi membanggakan.

Terbaru, Desa Doloduo II sukses meraih gelar juara pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024.

Keberhasilan yang diraih perwakilan Bolmong tersebut, mengulang torehan pada ajang serupa di tahun 2023.

Berdasarkan penilaian administrasi dan klarifikasi lapangan Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulut tahun 2024, Desa Doloduo II meraih poin tertinggi, sebagaimana SK Gubernur Sulut nomor 31 tahun 2024.

Alhasil, Desa Doloduo II akan kembali menjadi perwakilan Sulawesi Utara pada Lomba Desa Kelurahan tingkat Nasional.

Pj Bupati Bolmong, dr Jusnan C Mokoginta MARS mengatakan, apa yang diraih Desa Doloduo II menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bolaang Mongondow.

“Prestasi ini harus kita pertahankan dan tingkatkan, terus melahirkan inovasi-inovasi agar nantinya dapat meraih hasil maksimal di tingkat Nasional,” ujarnya, Selasa 6 Agustus 2024.

Di mana, keberhasilan yang diraih, tak terlepas dari kerja keras masyarakat Doloduo II bersama Sangadi Wawan Bonde serta dukungan berbagai pihak yang terlibat.

“Kedepannya, semoga akan ada inovasi-inovasi terbaru dalam meningkatkan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

INOVASI DESA DOLODUO II

Seperti diketahui, Desa Doloduo II telah menjadi percontohan untuk desa-desa lain terkait pengelolaan data yang akurat hingga publikasi data.

Desa Doloduo II terus berinovasi dalam melakukan digitalisasi, sehingga memiliki data yang akurat terhadap profil serta program-program yang dicanangkan.

Di mana, masyarakat luas dapat mengakses informasi tersebut pada halaman situs Desa yang dikelola dengan baik.

Selain pengelolan informasi yang akurat melalui halaman situs Desa, Doloduo II juga menjadi satu-satunya di Bolmong yang telah mengembangkan aplikasi untuk daftar hadir bagi aparat Desa.

“Ketika perangkat Desa masuk di aplikasi, profil perangkat sudah ada disana, baik foto, hingga kehadiran, jadi absensinya sudah berbasis teknologi,” ungkap Kabid Dinas PMD Wanti Indira Toligaga, Senin, 3 Juni 2024.

Untuk inovasi bidang UMKM sendiri, Desa Doloduo II sudah terkenal dan menjadi percontohan di Bolaang Mongondow Raya.

Dengan partisipasi masyarakat yang tinggi, memiliki keinginan memajukan Desa, produk UMKM Doloduo II terus alami inovasi.

Inovasi UMKM di desa Doloduo II dibiayai dari BUMDes, diantara produk cemilan krepek pisang dengan 4 farian rasa.

Yakni Tasuke: pisang susu keju, Tagimor: pisang moribut, Pilo: pisang milo dan Pisang krepis gula merah.

“Mereka sudah berkerjasama dengan dinas capil untuk mempermudah pengurusan administrasi kependudukan melalui halaman website, Kini lebih kreatif masuk dibidang UMKM di desa,” lanjutnya.

Tak heran, dengan berbagai inovasi yang ada, meneguhkan keyakinan Pj Bupati Bolmong bahwasannya Desa Doloduo II akan mewakili Sulut di tingkat Nasional.

“Dengan melihat apa yang telah dipersiapkan untuk perlombaan ini, saya yakin Desa Doloduo ll bisa juara ditingkat Provinsi” ujarnya, Rabu 5 Juni 2024.

Di mana, usaha yang dilakukan telah membuahkan hasil dengan diraihnya peringkat I pada Lomba Desa tingkat Provinsi Tahun 2024.

Adapun untuk juara kedua, diraih perwakilan Bolsel Desa Soguo dan posisi ketiga ditempati perwakilan Minahasa yakni Desa Tolok I.*(Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.